Sabtu 18 Jul 2020 11:38 WIB

TBM Unhas Luncurkan Operasi Kemanusiaan di Masamba

Tim akan berada di lokasi antara empat hingga tujuh hari ke depan

Rep: zainur mahsir ramadhan/ Red: Hiru Muhammad
Foto udara kondisi Kota Masamba yang tertimbun lumpur akibat terjangan banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (17/7/2020).
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Foto udara kondisi Kota Masamba yang tertimbun lumpur akibat terjangan banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Jumat (17/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-—Universitas Hasanuddin menerjunkan operasi kemanusiaan di Masamba, Kabupaten Luwu Utara sejak Senin (13/7) lalu. Melalui Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus FK Unhas, tim medis melakukan bantuan evakuasi dan medis di lokasi.

"Jumlah anggota yang turun ke lokasi bencana ada lima orang dari kampus, lima sudah di Masamba dan sisanya empat orang akan ketemu di Palopo untuk bersama-sama ke lokasi," Ujar Ketua TBM, Sahrul Fajar Perdana dalam keterangan resmi yang diterima Republika, Sabtu (18/7).

Dia menambahkan, untuk keperluan logistik seperti obat dan kebutuhan lainnya, telah disiapkan dalam ruangan operasional darurat. Lebih lanjut, Sahrul mengaku ikut melakukan koordinasi dengan tim medis dari pihak lain. Hal ini, dilakukan pihaknya untuk mengoptimalkan bantuan medis dan kegiatan kemanusiaan. "Disana, tim yang sudah sampai melakukan koordinasi dengan lembaga lembaga lain seperti IDI, BNPB Daerah, dan pemerintah setempat," tuturnya.

Sambung dia, tim yang telah diturunkan pihaknya akan berada di lokasi hingga empat atau tujuh hari ke depan. Setelah itu, tim susulan untuk kebutuhan donasi akan disalurkan, seiring dengan tim susulan medis tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain mengirimkan tim medis, TBM Calcaneus Unhas juga menyalurkan beberapa donasi dari para donatur seperti pakaian, popok bayi, susu bayi dan beberapa donasi lainnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement