Jumat 17 Jul 2020 14:40 WIB

Amikom Raih Bintang Tiga QS Star

Lulusan Amikom yang terserap dalam dunia profesional dan bisnis sangat tinggi

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Kampus Universitas Amikom Yogyakarta. Universitas Amikom Yogyakarta sukses meraih bintang tiga QS Star atau bintang lima dalam Employability QS Star.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus Universitas Amikom Yogyakarta. Universitas Amikom Yogyakarta sukses meraih bintang tiga QS Star atau bintang lima dalam Employability QS Star.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Amikom Yogyakarta sukses meraih bintang tiga QS Star atau bintang lima dalam Employability QS Star. Hal itu dikarenakan lulusan Amikom yang terserap dalam dunia profesional dan bisnis sangat tinggi.

Ketua Team Task Force QS Star, Ferry Wahyu Wibowo, mengungkapkan proses yang dilalui usai Amikom memiliki memakai pendekatan instrumen pendekatan QS Star. Amikom berkirim pesan langsung dengan Direktur QS Asia Tenggara, E Way Chong.

Baca Juga

Tim QS melakukan koordinasi dengan banyak pihak untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Hampir setiap hari tim berkoordinasi untuk mempersiapkan dokumen tersebut, dan tidak sampai 1,5 bulan semua dokumen berhasil mereka kirimkan.

"Kita menggunakan instrumen metodologi QS versi 5, ini versi yang terakhir. Dimungkinkan akan berubah lagi metodologi untuk QS," kata Ferry, Jumat (17/7).

Akhirnya, hasil evaluasi mengumumkan Universitas Amikom Yogyakarta mendapat bintang tiga dari QS dengan rating bintang maksimal lima. Penilaian terdiri dari teaching (3), employability (5), academic development (4).

Lalu, facilities (4), innovation (3), arts and culture (3) dan program strength (3). Hal yang menggembirakan civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta tentu dalam kategori employability mendapat bintang lima dari QS.

Gambaran ini menunjukkan alumni-alumni Amikom yang mendapatkan pekerjaan atau memilih wirausaha setelah lulus sangat tinggi. Ferry berharap, ke depan hasil yang dicapai saat ini lebih ditingkatkan dan perlu dibenahi.

"Agar semakin mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, tentunya ini membutuhkan soliditas tim untuk membangun bersama," ujar Ferry.

Ukuran tingkat kemampuan perguruan tinggi untuk mengambil langkah strategis dan taktis memang sangat penting. Terutama, dalam menyusun program-program ke depan sangat perlu dilakukan agar sejalan dengan visi perguruan tinggi itu.

Visi Amikom sendiri jadi salah satu universitas unggulan dunia dalam bidang teknologi informasi, komunikasi dan bisnis berbasis moral dan wirausaha. Itu mendorong Amikom terus mengukur sejauh mana kesuksesan mewujudkan visinya.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Amikom, Dr. Arief Setyanto mengatakan, capaian ini merupakan awal yang baik untuk meningkatkan prestasi Amikom pada masa mendatang. Sebab, evaluasi memberi bimbingan kepada Amikom.

"Bimbingan bagi Amikom untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan keunggulan secara konsisten dan persisten. Mulai saat ini kami mencanangkan perbaikan dalam berbagai bidang menuju perguruan tinggi unggul," kata Arief.

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof. M. Suyanto, mengaku bersyukur atas raihan bintang tiga QS Star ini. Ia turut menyampaikan optimistisnya mewujudkan Universitas Amikom Yogyakarta sebagai perguruan tinggi unggul.

"Bagi Amikom, ini pencapain yang luar biasa karena ini merupakan langkah awal dari visi Amikom menjadi perguruan tinggi unggulan dunia dalam bidang ekonomi kreatif berbasis kewirausahaan yang menebar kebajikan," ujar Suyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement