Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Pesantren Kilat Online Habib Umar Bin Hafidz di Indonesia

Jumat 17 Jul 2020 11:44 WIB

Red: Sammy Abdullah

Habib Umar Bin Hafidz

Habib Umar Bin Hafidz

Foto: The Muslim 500
Pondoksanad.com jadi pesantren kilat online pertama dengan kurikulum Darul Musthofa

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Darul Musthofa di Hadramaut Yaman merupakan salah satu pusat pendidikan Ahlussunnah Waljamaah terbesar di dunia. Pesantren yang diasuh oleh ulama karismatik Habib Umar Bin Hafidz ini kini membuka kurikulum pendidikan pesantren kilat secara online yang khusus ditujukan untuk masyarakat Indonesia. Adalah Pondoksanad.com yang menjadi pesantren kilat online pertama dengan kurikulum langsung dari Habib Umar Bin Hafidz.

Dewan Penasehat Pondoksanad.com, Habib Muchsin Idrus Alhamid mengatakan, program ini merupakan salah satu bentuk pendidikan Islam mutakhir dengan memanfaatkan teknologi. Bersamaan juga dengan pandemi Covid-19 yang membuat banyak masyarakat terbatas aktivitasnya, Pondoksanad.com mencoba untuk mengisi aktivitas masyarakat dengan konten pelajaran agama yang mengacu pada kurikulum salah satu pesantren besar dunia, Darul Musthofa.

"Pondoksanad.com ini menjadi salah satu bentuk ikhtiar untuk semakin memperdalam pengetahuan agama kita dengan media online. Di zaman modern tanpa batas ini. Manusia membutuhkan pengajaran dan pendidikan lahir bathin yang dapat dipakai sebagai panduan hidupnya," kata Habib Muchsin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/7).

Menurut Habib Muchsin, segala lapisan usia dan profesi bisa belajar di Pondoksanad.com. "Para milenial, pelajar, pekerja maupun siapa saja dari segala lapisan masyarakat diharapkan dapat belajar, mengkaji, dan mendapatkan ilmu kehidupan yang dapat dipertanggung jawabkan," kata Habib Muchsin.

Senada dengan Habib Muchsin, pelaksana Pondoksanad.com, Muchsin Assegaf mengatakan bahwa Pondoksanad.com mengacu pada kurikulum yang disusun langsung oleh Habib Umar Bin Hafidz selaku pengasuh pondok Darul Musthofa Hadramaut. Mayoritas pengajarnya adalah lulusan Darul Musthofa asal Indonesia yang tergabung dalam wadah Muwasholah Indonesia.

“Pondok Sanad adalah kursus agama Islam Ahlussunnah Waljamaah dengan sistem online yaitu belajar kapan saja, dan dimana saja, dengan metode pelajaran yang fokus dan terstruktur. Di website ini para pelajar dapat berinteraksi langsung dengan pengajar dan sesama, layaknya sekolah pada umumnya melalui fitur aktivitas dan forum," kata Muchsin Assegaf.

Perwakilan Muwasholah Indonesia, Ahmad Mujtaba Shahab mengatakan bahwa program ini adalah kegiatan pesantren online pertama yang terkoneksi langsung dengan Pesantren Darul Musthofa.

"Dauroh ini memiliki kurikulum pendidikan yang disusun oleh Pesantren Darul Musthofa di Hadramaut yang diasuh Habib Umar bin Hafidz, dengan tenaga pengajar dari beberapa penjuru, yang bersambung rantai sanad dan talaqinya, juga bersanad pemahaman dari materi-materinya kepada para ulama sampai kepada Baginda Nabi Muhammad SAW," ujar Ahmad.

Hingga saat ini, pendaftar program Pondoksanad.com telah mencapai seribuan peserta. Kegiatan pelajaran sendiri akan dimulai pasca-Idul Adha.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA