Jumat 17 Jul 2020 05:55 WIB

Relawan Gugus Tugas Covid-19 Bagikan Program 20 Ribu Bansos

Program pembagian bantuan untuk penuhi aspek keadilan sosial di masyarakat.

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Koordiantor Tim Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Andre Rahadian.
Foto: Dok
Koordiantor Tim Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Andre Rahadian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pada Kamis (16/7), melepas sekitar 20 ribu paket sembako dalam rangka program lingkungan mandiri untuk wilayah Jabodetabek. Koordiantor Tim Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Andre Rahadian, mengatakan program bantuan sosial (bansos) tersebut untuk menutupi dan menambal kekurangan pemerintah dalam hal distribusi bantuan ke masyarakat selama ini.

Menurut dia, ada cukup banyak anggota masyarakat yang seharusnya bisa menerima bantuan, tapi belum mendapatkannya hingga saat ini. “Program ini dimaksudnya untuk menutupi kekurangan bantuan yang telah dilakukan pemerintah pusat selama ini. Jadi, mereka yang mendapatkan bantuan tersebut adalah yang belum menerima bantuan sosial dari pemerintah,” ujarnya di Jakarta dalam siaran.

Andre menuturkan, program yang dilaksanakan berkerja sama dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor juga dalam rangka memenuhi aspek keadilan sosial dalam masyarakat. Sembako tersebut, kata Andre, disimpan di gedung Yayasan Santo Fransiskus, Jakarta Pusat, kemudian didistribusikan ke relawan atau hub yang ditentukan.

Ketua Bidang Relawan Pendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Yulius Setiarto, mengatakan, untuk wilayah DKI Jakarta dapat langsung ke penerima bantuan sementara untuk wilayah Bodetabek diletakan di check point yang mana nantinya koordinator kota/kabupaten setempat melanjutkan distribusi ke penerima bantuan.

Pada Mei lalu, menurut Yulius, Relawan Pendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga membagikan bantuan kepada masyarakat di Jabodetabek. Bantuan tersebut berasal dari Tim Koordinator Relawan Gugas, Kantor Staf Presiden, PT Super Unggas Jaya, GP Ansor, dan SNP Lawfirm. Sejak Senin (25/5) bantuan dibagikan di gudang Relawan Pendukun yang berlokasi di GP Ansor, Jalan Kramat, Jakarta.

“Mereka yang mendapat bantuan tersebut yakni masyarakat terdampak yang belum mendapat bantuan dari pemerintah, komunitas seni, paguyuban seniman badut, di Jabodetabek. Jumlahnya mencapai 2.159 paket,” ujar Yulius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement