Kamis 16 Jul 2020 23:22 WIB

Polres Tulungagung Luncurkan Program Mobil dan Motor Pintar

Program Mobil dan Motor Pintar Anak Tanggung Semeru dukung minat baca.

Polres Tulungagung meluncurkan Program Mobil dan Motor Pintar Anak Tangguh Semeru.
Foto: Dok Istimewa
Polres Tulungagung meluncurkan Program Mobil dan Motor Pintar Anak Tangguh Semeru.

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG— Polres Tulungagung merilis program bertajuk ‘Mobil dan Motor Pintar Anak Tangguh Semeru’. 

Launching program yang berlangsung di di halaman Mapolres Tulungagung, Kamis (16/7) ini untuk mendukung pendidikan anak sekolah itu juga dihadiri sejumlah pejabat. 

Baca Juga

Di antaranya Sekda Kabupaten Tulungagung Sukaji, Kasdim 0807 Tulungagung Mayor Inf. Muji Wahono, Wakapolres Tulungagung Kompol Yhogi Hadisetiawan, Kepala Kantor BRI Cabang Tulungagung Arief Wibowo, dan sejumlah kepala OPD Tulungagung. 

Program Mobil dan Motor Pintar Anak Tangguh tersebut berisi buku-buku pelajaran dan buku paket untuk anak-anak sekolah. Moda transportasi menyerupai perpustakaan keliling itu dikendarai personel Dikmas Lantas dan Bhabinkamtibmas Polres Tulungagung.

“Operator mobil dan motor pintar itu setiap hari berkeliling Kampung Tangguh guna memeratakan layanan informasi dan baca kepada masyarakat, khususnya bagi anak anak,” kata AKBP Eva Guna Pandia saat me-launching program tersebut bersama Forkopimda Tulungasung.  

Menurut Pandia, kini saatnya semua pihak memfasilitasi anak-anak agar mudah mendapatkan buku bacaan dengan cara mendatangi anak-anak dari kampung ke kampung. “Bukan mereka (anak-anak) yang datang ke perpustakaan,” katanya.  

Apalagi pada masa pandemi Covid-19, menurut dia, anak-anak memiliki banyak waktu luang. Meskipun ada tugas sekolah yang diberikan guru, tetapi tidak dapat digunakan secara maksimal untuk belajar mandiri.  

“Demi keselamatan bersama, berada di rumah adalah langkah terbaik untuk mencegah penyebaran virus Corona, di samping senantiasa menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat,” ujarnya. 

Pandia memaparkan, salah satu terobosan yang dilakukan pemeri̇ntah bersama kepolisian daerah adalah membuat Kawasan Anak Tangguh Semeru. Program ini bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terutama di kalangan anak-anak.  

“Dalam Kawasan Anak Tangguh ini, anak-anak diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari wabah virus Corona,” katanya. 

Selain Itu,  Kawasan Anak Tangguh juga mengedukasi anak-anak tentang peraturan lalu lintas melalui kegiatan polisi sahabat anak dengan boneka semeru.  

Pandia berharap program Mobil dan Motor Pintar tersebut dapat menjadi penunjang bagi generasi bangsa di bidang pendidikan menuju Indonesia Emas 2045.  

Generasi cerdas yang komperhensif, yaitu produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya, serta berperadaban unggul.   

“Selain diaplikasikan di Kampung Tangguh Semeru, program ini juga akan menjangkau wilayah pegunungan. Sehingga, anak-anak di daerah terpencil dapat menikmati Mobil dan Motor Pintar untuk menambah wawasan serta pengetahuan mereka,” ujarnya.   

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement