Kamis 16 Jul 2020 19:42 WIB

Netflix Rilis 10 Film Orisinal Populer untuk Pertama Kalinya

Informasi ini jadi penting sebagai tolak ukur konten orisinal yang diterima penonton.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Untuk pertama kalinya, Netflix merilis daftar 10 orisinal paling populer di layanannya (Foto: ilustrasi Netflix)
Foto: Netflix
Untuk pertama kalinya, Netflix merilis daftar 10 orisinal paling populer di layanannya (Foto: ilustrasi Netflix)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS GATOS -- Berbagai layanan streaming cukup cerdik untuk tidak mengungkap data spesifik mengenai kontennya. Tidak terkecuali dengan Netflix yang berhati-hati menyampaikan informasi mengenai kecenderungan pelanggan.

Untuk pertama kalinya, Netflix merilis daftar 10 orisinal paling populer di layanannya. Informasi ini sangat penting karena bisa menjadi tolok ukur mengenai metrik serta seberapa baik konten orisinalnya diterima oleh pengguna layanan.

Baca Juga

Bagaimanapun, film orisinal adalah poin unggulan yang membedakan antara satu layanan streaming dengan yang lainnya. Konten itu tentunya tidak bisa didapatkan di tempat lain. Netflix membuat daftar terpopuler dari jumlah penonton.

Pemeringkatan dikalkulasi berdasarkan total pemirsa film dalam empat pekan pertama debut film orisinal di Netflix. Tiga besar film terpopuler adalah Extraction (99 juta), Bird Box (89 juta), dan Spenser Confidential (85 juta).

Menyusul 6 Underground (83 juta), Murder Mystery (73 juta), The Irishman (64,2 juta), serta Triple Frontier (63 juta). Judul lain yaitu The Wrong Missy (59 juta), The Platform (56,2 juta), dan The Perfect Date (48 juta).

Laman Bloomberg mengulas, empat film teratas dalam daftar memiliki sejumlah kesamaan. Semuanya adalah film laga atau thriller, serta menampilkan bintang besar, di antaranya Chris Hemsworth, Sandra Bullock, Mark Wahlberg, dan Ryan Reynolds.

Kombinasi laga atau thriller ditambah dengan pemeran tersohor menjadi strategi layanan streaming untuk bersaing. Salah satu contohnya adalah film Greyhound di Apple TV Plus yang mencatat rekor pembukaan terbesar pada akhir pekan lalu.

Greyhound memang menawarkan perpaduan laga atau thriller serta melibatkan aktor kawakan Tom Hanks. Sepertinya kita tahu formula konten yang berpotensi memenangkan perang streaming, dikutip dari laman Fast Company, Kamis (16/7).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement