Kamis 16 Jul 2020 18:48 WIB

Sembilan Kapal Pelni Segera Kembali Beroperasi

Sembilan kapal penumpang Pelni akan beroperasi mulai 17 Juli 2020.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah penumpang Kapal Pelni. ilustrasi
Foto: Antara/Zabur Karuru
Sejumlah penumpang Kapal Pelni. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni akan mengoperasikan kembali sembilan kapal penumpangnya. Kesembilan kapal tersebut yakni KM Gunung Dempo, KM Dobonsolo, KM Egon, KM Kelud, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Lambelu, KM Binaiya, dan KM Awu.

"KM Gunung Dempo dijadwalkan akan melakukan kegiatan operasional pada 17 Juli 2020. Enam kapal akan mulai beroperasi pada pekan depan, serta dua kapal lainnya direncanakan akan mulai beroperasi pada minggu keempat Juli 2020," kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni OM Sodikin dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (16/7).

Baca Juga

Sodikin mengatakan KM Gunung Dempo akan melayani rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Sorong - Manokwari - Wasior - Jayapura - Wasior - Manokwari - Sorong - Namlea - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok. KM Dobonsolo dijadwalkan akan beroperasi pada 21 Juli 2020 dan melayani rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura - Serui - Sorong - Ambon - Bau-Bau - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

Sementara KM Lambelu dijadwalkan akan beroperasi pada 23 Juli 2020 dengan rute Makassar - Pare-Pare - Balikapapan - Tarakan - Nunukan - Pantoloan - Balikpapan - Pare-Pare - Makassar - Bau-Bau - Larantuka - Kupang - Larantuka - Bau-Bau - Makassar - Pare-Pare - Balikpapan - Pantoloan - Tarakan - Nunukan - Balikpapan - Pare-Pare - Makassar.

 

Terdapat dua kapal yang direncanakan untuk beroperasi pada 24 Juli mendatang yakni KM Kelud dengan rute Tanjung Priok - Batam - Tanjung Balai Karimun - Belawan - Tanjung Balai Karimun - Batam - Tanjung Priok dan KM Egon yang akan melayani rute Waingapu - Lembar - Waingapu - Lembar - Surabaya - Batulicin - Pare-Pare - Batulicin - Surabaya - Lembar - Waingapu.

KM Sinabung direncanakan akan beroperasi pada 25 Juli dengan melayani rute reguler, yakni Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Banggai - Bitung - Ternate - Bacan - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura (PP).

KM Ciremai yang akan beroperasi pada 28 Juli dengan melayani rute Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Bau-Bau - Sorong - Manokwari - Biak - Jayapura - Biak - Manokwari - Sorong - Namlea - Bau-Bau - Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

"Dua kapal yang direncanakan beroperasi pada minggu keempat Juli 2020 adalah KM Binaiya dan KM Awu. Total hingga akhir Juli, terdapat 14 dari 26 kapal penumpang Pelni yang telah beroperasi," ungkap Sodikin.

Sodikin menambahkan, KM Binaiya direncanakan akan melayani rute Makassar - Labuan Bajo - Bima - Benoa (PP). Sementara KM Awu direncanakan akan melayani rute Surabaya - Benoa - Bima - Waingapu - Ende - Kupang - Kalabahi (PP).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan seluruh kegiatan operasional perusahaan telah diiringi dengan pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan yang ketat. "Seluruh petugas operasional kami siap untuk melayani calon penumpang dengan standar protokol kesehatan yang berlaku di era adaptasi kebiasaan baru," jelas Yahya.

Meskipun begitu, sejumlah kapal di atas akan kembali dijadwalkan untuk melakukan portstay menyesuaikan dengan kebutuhan operasional. Yahya menuturkan terdapat lima kapal yang akan portstay untuk sementara yaitu KM Bukit Siguntang pada 11 Juli 2020, KM Labobar pada 15 Juli 2020, KM Dorolonda pada 17 Juli 2020, KM Kelimutu pada 23 Juli 2020, dan KM Nggapulu pada 28 Juli 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement