Kamis 16 Jul 2020 21:06 WIB

Vaksin Covid-19 RI-China Tersedia untuk Publik Awal 2021

PT Bio Farma akan memproduksi vaksin milik perusahaan China Sinovac

Red: Nur Aini
Vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bio Farma berharap vaksin Covid-19 mulai tersedia untuk masyarakat, pada awal tahun depan. Vaksin tersebut merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan China, Sinovac.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan jumlah dosis vaksin nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan di dalam negeri. Dia memperkirakan perusahaannya bisa menghasilkan 100 juta dosis vaksin Covid-19 per tahun, sesuai dengan jumlah laboratorium yang ada di Indonesia.

Baca Juga

Bio Farma saat ini tengah mengembangkan laboratorium baru untuk meningkatkan produksi menjadi 150 juta dosis pertahun mulai awal 2021. 

"Pemberian vaksin akan dilakukan secara bertahap dan tahap pertama memprioritaskan masyarakat yang memiliki resiko tinggi," kata Honesti saat konferensi pers virtual pada Kamis (16/7).

Terkait dengan kerja sama pengembangan vaksin, Bio Farma masih menunggu uji klinis vaksin Covid-19 yang dilakukan Sinovac rampung. Sinovac, kata dia, tengah melakukan uji klinis tahap akhir di beberapa negara seperti Bangladesh dan Brasil.

Jika telah rampung, Bio Farma akan melakukan kerja sama transfer teknologi dan mulai memformulasikan vaksin milik Sinovac. Bio Farma bekerja sama dengan Universitas Padjajaran dan melibatkan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan.

"Bandung akan menjadi pusat penelitian dan uji klinis melibatkan 1620 subjek," pungkas dia.

Sebelumnya, Indonesia juga telah melakukan kerja sama pengembangan vaksin dengan beberapa negara seperti Korea Selatan dan Rusia. Kerja sama pengembangan vaksin Indonesia-Korea Selatan dilakukan oleh PT Kalbe Farma dengan Genexine Inc.

Uji klinis vaksin Indonesia-Korea Selatan ditargetkan memasuki tahap uji klinis tahap dua di Indonesia pada Agustus 2020. Sementara terkait kerja sama vaksin Indonesia-Rusia, kedua negara baru bersepakat untuk membuat nota kesepahaman atau MoU kerja sama itu.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/vaksin-covid-19-ri-china-tersedia-untuk-publik-awal-2021/1912562
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement