Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Menpora Ingin Indonesia Jadi Destinasi Pariwisata Olah Raga

Kamis 16 Jul 2020 16:59 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gita Amanda

Sport Tourism Sungailiat Triathlon hadir kembali. Sungailiat Triathlon nantinya akan melalui rute empat objek wisata unggulan di Kabupaten Bangka antara lain Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung, Pantai Air Anyir, dan Pantai Teluk Uber.

Sport Tourism Sungailiat Triathlon hadir kembali. Sungailiat Triathlon nantinya akan melalui rute empat objek wisata unggulan di Kabupaten Bangka antara lain Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung, Pantai Air Anyir, dan Pantai Teluk Uber.

Foto: istimewa
Sport tourism sekarang ini sudah jadi tren untuk dikembangkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka kegiatan webinar pelatihan pemuda penggerak pariwisata olah raga atau sport tourism, Kamis (16/7). Bersama Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Menpora ingin Indonesia harus menjadi salah satu tujuan pariwisata olahraga dengan memanfaatkan sumber daya alam yang luar biasa.
 
“Kita membicarakan tentang sport tourism, tentu ini menjadi penting sebagai bangsa dan negara yang kaya (sumber daya alam) dengan berbagai hal serta bisa dinikmati oleh siapa pun di Indonesia, begitu indah. Juga budaya yang beragam. Tidak kalah dengan negara lain, sangat pantas Indonesia merupakan tempat tujuan pariwisata olah raga,” kata Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (15/7).
 
Dengan sumber daya yang berlimpah, menurut Menpora, menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa. Sebab masyarakat, khususnya anak muda ditantang harus bisa mengelolanya dengan baik agar bisa dinikmati oleh wisatawan. Sehingga, tujuan Indonesia menjadi pilihan untuk pariwisata olah raga bisa tercapai dengan baik.
 
“Kita punya sumber daya berlimpah, melayani pariwisata. Itu tantangan kita. Salah satu unsur penting pariwisata adalah wisata olahraga. Kami dari Kemenpora tentu mendorong program ini atas dukungan Komisi X DPR. Kita serius untuk mengembangkan program sport tourism. Karena sport tourism sekarang ini sudah jadi tren untuk dikembangkan, dan untuk penggeraknya adalah kaum muda kita,” ujar Menpora.
 
Menpora mencontohkan, wisata alam di Indonesia ada banyak. Seperti gunung, laut, hingga pantai. Selain itu, olah raga tradisional juga banyak yang bisa dilaksanakan, dan ini bisa menjadi tontonan yang menarik bagi yang berwisata.

“Nah, masalahnya adalah kemampuan kita untuk mengemasnya. Misalnya bisa mempromosikan paket wisata disitu secara luas. Tujuannya adalah Indonesia sebagai olah raga pariwisata. Saya harap kita bisa ada rekomendasi penting yang dihasilkan dari sini. Banyak contoh negara yang sudah mendorong itu,” jelas Menpora.
 
“Saya harap ada rekomendasi penting yang dihasilkan dari sini. Harusnya kita mampu mengemas dan menyiapkan ini. Bisa kita kembangkan, suatu saat Indonesia bisa jadi tujuan pariwisata olahraga. Karena iklim kita sangat mendukung. Kemenpora tentu menerima masukan dari semua pihak terkait ini, karena sinergi itu sangat penting” tambah Menpora.
 
Sementara itu, Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyambut baik webinar yang diselenggarakan ini. Syaiful ingin, dunia pariwisata dan olah raga secara bersama-sama memajukan sport tourism.

“Kalau saya boleh istilahkan yaitu mengawinkan dunia pariwisata dan olahraga. Semua destinasi diharap bisa diselenggarakan sport tourism. Dengan itu, saya harap ada kompetisi-kompetisi nantinya dan semoga akan lahir atlet yang hebat,” ujarnya.
 
Syaiful juga berbicara mengenai Piala Dunia U-20 2021. Dia harap event tersebut bisa sukses. Anak muda juga didorong menjadi relawan dan mengkampanyekan Piala Dunia U-20 2021.

“Kita butuh percepatan, semoga Piala Dunia nantinya bisa sukes. Saya dorong betul libatkan anak muda hingga youtuber-youtuber untuk mengkampanyekan penyelenggaraan itu,” terangnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA