Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Thursday, 8 Jumadil Akhir 1442 / 21 January 2021

Sony PlayStation 5 Bisa Menjadi Konsol Gim Terberat

Kamis 16 Jul 2020 09:15 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Playstation 5 dikabarkan memiliki bobot 4,78 kg.

Playstation 5 dikabarkan memiliki bobot 4,78 kg.

Foto: valuewalk.com
Berat PlayStation 5 hampir sama dengan PlayStation 3 keluaran 13 tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Amazon membuat daftar berat konsol gim dan Playstation 5 bisa menjadi konsol gim terberat ketika diluncurkan, jika daftar tersebut bisa digunakan. Menurut spesifikasi di daftar, PS5 akan berbobot 4,78 kg.

Sebagai perbandingan,, PlayStation 4 memiliki berat 2,8 kg. Sedangkan Playstation 4 Pro memiliki berat 3,3 kg. Dengan berat 4,78 kg, PlayStation 5 akan memiliki berat hampir sama dengan PlayStation 3, yakni 5 kg dari 13 tahun yang lalu.

Sementara itu, jenama lain, Xbox One X milik Microsoft memiliki berat 3,81 kg. Sedangkan Xbox Series X beratnya 4,45 kg, hampir seberat konsol Sony.

Seperti dilansir GSM Arena, Rabu (16/7), ada alasan dibalik berat 4,78 kg PS5. Perangkat tersebut memiliki 4K Blue-ray drive, AMD Zen 2 berbasis CPU dengan 8 core, berjalan pada 3.5GHz, GPU kustom dengan 36 core pada 2.23GHz, mampu 10.28 TFLOP , 16GB GDDR6 RAM, custom 825GB SSD, dan mendukung hingga resolusi 8K hingga 120fps.

Sony beberapa waktu lalu memperkenalkan PlayStation 5 beserta aksesori untuk menikmati konsol gim tersebut. Vice President of User Experience Design at PlayStation, Matt MacLaurin memberi sedikit informasi lebih lanjut tentang bentuk konsol PS5.

Di halaman LinkedIn-nya (viaVG247), MacLaurin merinci beberapa alasan di balik desain konsol yang berwarna hitam dan putih tersebut. Kala itu, ada pertanyaan pengguna LinkedIn tentang alasan membuat produk baru lebih besar dan lebih tebal.

Termal menjadi alasan terpenting. MacLaurin mengatakan, gen PS5 ini adalah supercomputer kecil. Sementara proses 7nm memberikan kinerja panas yang luar biasa untuk daya sangat ekstrim.

"Teknologi ini masih sangat baru dan membuang banyak panas, sehingga kita perlu ruang untuk menghilangkannya," ujar MacLaurin menjawab pertanyaan tersebut, seperti yang dilansir dari Daily Star.

MacLaurin juga mengomentari reaksi orang-orang terhadap desain mesin tersebut. Menurutnya, desain tersebut memiliki pertimbangan yang kuat. Jadi, tidak masalah jika tidak semua orang menyukainya.

“Penyesuaian dengan edisi khusus akan melampaui apa pun yang terlihat sebelumnya. Seseorang mengejek desain kayu di Reddit dan kelihatannya (desain itu) terlihat bagus,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA