Rabu 15 Jul 2020 23:38 WIB

Islam Damai di Asia Tenggara (1)

Islam di Asia Tenggara berkembang dengan damai.

Rep: Syahruddin El Fikri/ Red: Muhammad Hafil
Islam Damai di Asia Tenggara. Foto: Umat muslim berkunjung ke Masjid Dian Al Mahri atau yang dikenal dengan Masjid Kubah Emas di Jalan Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat, Senin (21/5). Masjid Kubah Emas yang merupakan salah satu masjid termegah di Asia Tenggara dengan kubahnya terbuat dari emas itu menjadi salah satu tujuan wisata religi umat Islam saat menunggu berbuka puasa.
Foto: Indriarto Eko Suwarso/Antara
Islam Damai di Asia Tenggara. Foto: Umat muslim berkunjung ke Masjid Dian Al Mahri atau yang dikenal dengan Masjid Kubah Emas di Jalan Meruyung, Limo, Depok, Jawa Barat, Senin (21/5). Masjid Kubah Emas yang merupakan salah satu masjid termegah di Asia Tenggara dengan kubahnya terbuat dari emas itu menjadi salah satu tujuan wisata religi umat Islam saat menunggu berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak dapat dimungkiri, di Asia Tenggara masih ada Muslim yang hidup dalam belenggu kesengsaraan dan ketertindasan. Meski demikian, dibanding kawasan lain di dunia, Asia Tenggara merupakan contoh baik mengenai kehidupan Muslim yang damai.

Tak seperti kawasan lain, Asia Tenggara nyaris tak memiliki konflik ataupun perang saudara. Meski terdiri dari banyak etnik dan suku bangsa, umat Islam di kawasan ini hidup damai dan saling menghormati. Beragamnya organisasi keislaman pun tak menimbulkan perpecahan yang memicu pertumpahan darah. Bandingkan dengan Timur Tengah yang bisa dibilang tak ada hari tanpa peperangan. Begitu pun di Asia Selatan yang menjadi rumah bagi hampir setengah populasi Muslim dunia. Di kawasan itu, api sengketa masih berkecamuk. Pakistan misalnya, terus dirundung isu Taliban dan terorisme.

Baca Juga

Menurut pakar sejarah Bondan Kanumayoso, Islam di Asia Tenggara yang tak rentan konflik sangat dipengaruhi sejarah awal mula agama ini masuk dan tersebar. Islam masuk ke Asia Tenggara melalui jalur perdamaian, yakni perdagangan. “Karena melalui jalur damai maka karakter Islam di Asia Tenggara pun sangat kuat diwarnai nuansa damai. Islam itu sendiri, kan memang artinya damai,” katanya.

Tak ada unsur militer, senjata, ataupun penaklukan wilayah, menurut Bondan, merupakan faktor penting proses Islamisasi Asia Tenggara yang sarat perdamaian. Islam diterima melalui interaksi sosial sehingga penyebarannya begitu natural. Hal tersebut berbeda dengan penyebaran Islam di Eropa yang tak bertahan lama karena melalui Perang Salib. “Jadi, Islam masuk bukan kekuatan militer, tapi murni pedagang. Sehingga, penyebarannya lebih mendalam karena proses yang panjang. Pengaruhnya pun lebih panjang. Karena, lewat jalur damai bukan penaklukan wilayah,” ujar sejarawan lulusan Universitas Leiden, Belanda, itu.

Peran pedagang, menurut Bondan, sangat strategis dalam penyebaran Islam di Asia Tenggara. Tak jelas apakah ulama ikut serta dalam perdagangan. Namun, menurut Bondan, para pedagang yang datang merupakan Muslim yang taat. Layaknya Rasulullah dan para sahabat, mereka memiliki ilmu agama yang tinggi, namun juga bekerja sebagai pedagang. “Jangan membuat dikotomi antara pedagang dan ulama. Pedagang ini motor penggerak penyebaran Islam di Asia Tenggara,” tuturnya.

Dengan perdamaian Islam yang tercipta di Asia Tenggara, kata Bondan, banyak negara lain yang menjadikan wilayah tersebut sebagai percontohan. Asia Tenggara dianggap sebagai kawasan yang sangat menerapkan nilai perdamaian Islam. “Makanya, mengapa Islam di Asia Tenggara ini sering kali menjadi percontohan, mungkin dianggap yang paling mendekati membawa keselamatan dan kedamaian,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement