Kamis 16 Jul 2020 04:25 WIB

Rumah Belajar Juara Rumah Zakat Ikut Akses Youtube

RBJ berinisiatif membuat video-video pembelajaran yang diunggah melalui Youtube

RBJ berinisiatif membuat video-video pembelajaran yang diunggah melalui Youtube dengan akun Abi Fa Yu Ra.
Foto: Rumah Zakat
RBJ berinisiatif membuat video-video pembelajaran yang diunggah melalui Youtube dengan akun Abi Fa Yu Ra.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU BARA -- Selama Pandemi Covid-19, Rumah Belajar Juara (RBJ) Desa Berdaya Suka Maju tak kehabisan akal untuk tetap berikan manfaat. Saat ini RBJ merikan edukasi pembelajaran melalui melalui channel Youtube.

Mengingat kondisi masih belum memungkinkan untuk belajar tatap muka secara langsung, maka RBJ berinisiatif membuat video-video pembelajaran yang diunggah melalui Youtube dengan akun Abi Fa Yu Ra.

Baca Juga

Lebih dari 10 video pembelajaran telah berhasil dibuat oleh Ahmad Fauzi, Relawan Inspirasi Rumah Zakat yang sekaligus inisiator dan pengelola RBJ ini. Mulai dari video edukasi cara mencuci tangan, video pembelajaran perhitungan matematika, video pembelajaran komputer, dan lain-lain.

Video-video pembelajaran yang dibuat ini bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak RBJ agar bisa tetap bisa belajar di rumah meskipun tidak melakukan tatap muka langsung.

Selain itu, penerima manfaatnya juga bisa lebih meluas, tidak hanya para peserta RBJ saja, tapi masyarakat umum pun bisa merasakan manfaatnya. Sabtu (4/7) kemarin, RBJ kembali membuat video yang isinya pembelajaran microsoft word. Pada video ini dijelaskan bagaimana cara mengedit paragraf atau kalimat.

Pembahasannya dimulai dari bagaimana cara mengatur rata paragraf, margin atau indentasi paragraf, mengatur format paragraf dari mulai mengatur kertas dan juga bagian-bagian yang terdapat pada paragraf sampai mencetak hasil dari dokumen yang dibuat. Videonya dapat ditonton di https://youtu.be/dmuKmc7muPU.

Rumah Belajar Juara sendiri sudah mengadakan program bimbingan belajar sejak 2018 dan berlokasi di Desa Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiran Kabupaten Batu Bara dengan kurang lebih 110 penerima manfaatnya, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah.

Awalnya RBJ dibentuk bertujuan membantu anak-anak di desa untuk memecahkan masalah belajarnya di sekolah formal, seperti masalah berhitung dan membaca.

Seiring berjalannya waktu RBJ berkembang hingga membentuk Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Juara yang menjalankan Program Pembelajaran Komputer baik Office Tool maupun Desain Grafis serta Multmedia. LKP ini masih dalam tahap pengembangan saat ini dan masihbersifat kelompok.

Kehadiran Rumah Belajar bisa menjadi wadah untuk anak-anak di Desa Suka Maju untuk bisa menyelesaikan masalah belajarnya. Di masa PJJ ini kita berusaha untuk tetap memberikan konstribusi terhadap pendidikan dimasa sekarang ini, salah satunya dengan membuat video edukatif.

Harapan saya kedepannya RBJ ini bisa  menjadi kids learning center

dan menjadi pendukung bagi lembaga formal lain di desa guna membantu menuntaskan permasalahan belajar dan juga perbaikan akhlaq," ungkap Ahmad, Relawan Inspirasi Rumah Zakat sekaligus pengelola RBJ.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement