Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Dibimbing Habib Idrus, John Erik Campbell Jadi Mualaf

Kamis 16 Jul 2020 05:00 WIB

Red: Muhammad Hafil

John Erik Campbel menjadi mualaf setelah dibimbing Habib Idrus Salim Al Jufri melalui layanan online.

John Erik Campbel menjadi mualaf setelah dibimbing Habib Idrus Salim Al Jufri melalui layanan online.

Foto: Dok HDMI
Setelah mualaf, Habib Idrus memberikan nama hijrah untuk John Erik Campbell.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang warga Vancouver, Kanada, bernama John Erik Campbell, Selasa (14/7), menyatakan ikrarnya untuk memeluk agama Islam. Dua kalimat syahadat dilantunkannya secara daring menggunakan media WA video call, dibimbing langsung oleh Ketua Umum Himpunan Da'i Muda Indonesia (HDMI) Habib Idrus Salim Al Jufri, Lc, M.B.A.

Baca Juga

Usai masuk Islam, Habib Idrus kemudian memberikan nama hijrah Yahya kepada John. Sehingga namanya menjadi Yahya Erik Campbell.

Majelis pengikraran syahadat ini berlangsung khidmat selama hampir satu jam, dimulai pukul 21.30 waktu Vancouver atau pukul 11.00 WIB. Moulin, calon istrinya yang merupakan orang Indonesia, turut mendampingi sekaligus menyaksikannya di Vancouver. John atau Yahya nama hijrahnya, memang memutuskan masuk Islam setelah mengenal Moulin dan akan menikahinya.

Namun Erik mengatakan dia masuk Islam bukan semata-mata karena ingin menikahi Moulin. "Saya sebelum memutuskan untuk masuk Islam, sudah mempelajari cara sholat dari YouTube. Saya sudah belajar Islam sedikit demi sedikit, tanpa paksaan," cerita Yahya kemudian.

Sebelum memeluk Islam, pria paruh baya ini sebelumnya termasuk Atheis. Kini dengan hidayah-Nya, ia meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa dalam segala proses kehidupan ini. Tuhan Yang Maha Esa itu adalah Allah subhanahu wata'ala.

photo
(Habib Idrus Salim Al Jufri)

Terkait proses pengucapan syahadat melalui daring, Habib Idrus mengatakan bahwa  pengucapan syahadat secara online itu diperbolehkan. "Diperbolehkan dan sah," kata Habib Idrus.

Sebelum majelis daring ditutup, Habib Idrus berpesan kepada Yahya agar semakin giat belajar Islam. Menurut Habib Idrus, HDMI dengan Muallaf Center-nya juga akan terus mendampingi  para mualaf dalam memperdalam Islam.

Saat ini, HDMI Muallaf Center telah berkiprah di berbagai daerah minoritas Muslim di pedalaman timur Indonesia. "Dengan berislamnya Yahya pada hari Senin 13 Juli 2020 (waktu Vancouver - Kanada) atau hari Selasa 14 Juli 2020 (Waktu Indonesia), maka HDMI Muallaf Center akan memperluas jangkauan pelayanan untuk orang-orang yang baru masuk Islam hingga lintas negara," kata Habib Idrus.

Untuk menjalankan program-program layanan Muallaf, HDMI Muallaf Center juga membuka peluang partisipasi seluruh umat Islam di manapun. Selain itu, da'i yang ingin bergabung dengan HDMI bisa menghubungi media sosial HDMI.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA