Rabu 15 Jul 2020 19:17 WIB

Tips Keamanan Siber Saat Bekerja dari Rumah

Penting menggunakan VPN saat bekerja di rumah.

VPN
Foto: Pixabay
VPN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah perusahaan masih ada yang menerapkan bekerja dari rumah, atau work from home/WFH, meski pun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah diperlonggar di beberapa wilayah. Country Manager Palo Alto Networks Indonesia, Surung Sinamo mengatakan ketika bekerja dari rumah, kita harus waspada, bekerja di luar jaringan perusahaan harus hati-hat.

Keamanan siber di perusahaan umumnya lengkap. Nah, ketika bekerja dari rumah, memindahkan proteksi pada tingkat yang sama ke rumah, ke perangkat-perangkat yang digunakan untuk bekerja adalah sebuah tantangan.

Baca Juga

Palo Alto Indonesia menyarankan, hati-hati dengan aplikasi dipasang pada perangkat. Pastikan aplikasi tersebut resmi. Jika aplikasi penunjang kerja tersebut tidak berbayar, pastikan lagi keamanan sebelum memasang.

"Jangan sembarangan pakai aplikasi," kata Surung.

Selain itu, Surung juga menyarankan untuk menggunakan VPN ketika sedang bekerja dari rumah.

Director of Systems Engineering Palo Alto Networks Indonesia, Yudi Arijanto, dalam acara yang sama, berpendapat perusahaan perlu mengatur strategi keamanan siber perusahaan. Sebab, kemungkinan besar bekerja dari jarak jauh akan dipakai untuk jangka panjang. Perusahaan yang tidak mengantisipasi bekerja dari rumah dikhawatirkan akan tidak sanggup menghadapi kenaikan signifikan lalu lintas.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement