Rabu 15 Jul 2020 17:39 WIB

Pemkot Surabaya Gelar Tes Swab Khusus Ibu Hamil

Tes swab dilakukan saat usia kehamilan 37 minggu. 

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Ibu Hamil.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Ibu Hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, pihaknya telah menggelar tes swab yang ditujukan kepada ibu hamil di Usia Kehamilan (UK) 37 minggu. Setidaknya  ada 150 ibu hamil yang mengikuti tes swab yang digelar pada Selasa (14/7).

“Kemarin ibu hamil jumlahnya ada 150 orang yang kami swab. Mereka langsung kami swab tidak menunggu rapid test. Jadi yang swab ini bukan dari hasil rapid test reaktif lho ya,” kata Febria di Balai Kota Surabaya, Rabu (15/7).

Febria menjelaskan, berdasarkan data Dinkes Kota Surabaya, pada pekan pertama Juli 2020, jumlah ibu hamil dengan usia kandungan 37 minggu mencapai 667 orang. Febria menegaskan, kesemua ibu hamil tersebut akan dilakukan tes swab scara bertahap.

“Kami menggunakan mobil PCR dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk tes swabnya. Supaya hasilnya segera diketahui ibu hamil,” ujar Febria.

Nantinya, kata Febria, setelah tes swab tahap pertama, ibu hamil juga akan kembali dilakukan swab saat usia kandungan memasuki minggu ke-39 atau menjelang persalinan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan program Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya agar dapat memetakan ibu hamil harus melahirkan di mana.

“Kemarin kan kita petakan mereka (ibu hamil) harus lahir di mana. Jika lahir di rumah sakit untuk ibu hamil yang probable maka kami siapkan rumah sakit yang dapat menangani ibu hamil dengan status probable Covid-19. Begitupun sebaliknya,” ujar Febria.

Kepala Dinas Kesehatan ini pun memaparkan, ada 29 rumah sakit di Surabaya yang bekerja sama dengan Pemkot Surabaya melalui Jamkesmas non Kuota. Kemudian, untuk rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, berjumlah 42 rumah sakit. 

“Untuk ibu hamil tergatung jaminannya menggunakan BPJS atau Jamkesmas. Bisa dipilih sesuai dengan jaminan kesehatannya,” kata dia.

Febria menyebut, khusus untuk ibu hamil probable Covid-19, ada sembilan rumah sakit yang sudah disiapkan untuk tempat persalinan. Di antaranya, RSUD dr Soetomo, RSUD dr Moh Soewandhie, RS Unair, RS Royal, RS Husada Utama, RS PHC, RSU Haji, RSUD Bhakti Dharma Husada, dan RSAL dr Ramelan.

“Kalau untuk pasien dengan risiko sangat tinggi dengan NICU level 3, ada enam rumah sakit. Yakni, RSU dr Soetomo, RSUD dr Moh Soewandhie, RS Unair, RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) dan RSAL dr Ramelan dan RSU Haji,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement