Rabu 15 Jul 2020 17:27 WIB

Puluhan Imigran Diselundupkan dengan Truk Sayur ke Eropa

Truk sayur yang membawa imigran dicegat di perbatasan Republik Ceko-Jerman

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Imigran menuju Eropa, ilustrasi
Foto: Erdem Sahin/EPA
Imigran menuju Eropa, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Kantor berita Jerman, DPA melaporkan polisi dan petugas bea cukai menemukan 31 orang imigran yang bersembunyi di dalam truk kulkas. Truk tersebut dicegat di perbatasan dengan Republik Ceko.

Pada Selasa (14/7) malam petugas menghentikan sebuah truk di jalan tol A 17 dari perbatasan kota Dresden, sebelah timur Jerman. Nomor pelat truk itu dari Turki dan juga membawa sayur serta buah.

Baca Juga

Polisi belum dapat dihubungi untuk keterangan lebih lanjut mengenai kondisi dan kewarganegaraan imigran-imigran tersebut. Penemuan imigran di dalam truk hampir menjadi peristiwa yang rutin terjadi di Eropa.

Dalam beberapa tahun terakhir sudah puluhan imigran meninggal dunia saat berusaha masuk ke Uni Eropa. Pada 2015 lalu, ada sekitar 71 imigran yang tewas di dalam truk saat menuju Austria.

Pada tahun ini, Inggris menemukan 39 imigran tewas di dalam sebuah kontainer truk di kawasan industri dekat London. Kepolisian Vietnam baru berhasil menahan tujuh orang yang terlibat dalam kasus tersebut pada Februari tahun ini.

Sebagian besar korban berasal dari dua provinsi di utara Vietnam. Sedikitnya lapangan kerja, dorongan pemerintah, geng-geng penyelundupan manusia, dan isu lingkungan memicu imigrasi ilegal. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement