Rabu 15 Jul 2020 15:51 WIB

BTS Miliki Basis Penggemar yang Kuat

Penggemar BTS yang tergabung dalam ARMY tak bisa dianggap sepele.

Penggemar BTS yang tergabung dalam ARMY tak bisa dianggap sepele (Foto: grup musik BTS)
Foto: billboard.com
Penggemar BTS yang tergabung dalam ARMY tak bisa dianggap sepele (Foto: grup musik BTS)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) selain dikenal publik melalui karya musik mereka, juga memiliki basis penggemar yang kuat. Dikenal dengan sebutan ARMY, penggemar BTS disebut memiliki energi dan jumlahnya terus tumbuh.

Reuters pada Rabu (15/7) mencatat, awal Juni 2020, para ARMY di Amerika Serikat (AS) menaruh energi mereka di balik kampanye daring #MatchAMillion untuk mengumpulkan dana untuk tujuan keadilan sosial di Amerika Serikat. ARMY bisa menghasilkan 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14,5 miliar dalam kira-kira satu hari, hampir setara dengan sumbangan sang idola untuk Black Lives Matter.

Baca Juga

Menurut sebagian ARMY, pencapain ini menunjukkan menjadi penggemar BTS lebih dari sekadar membeli album. Tetapi juga menggambarkan bagaimana basis penggemar meluas ke demografi yang lebih senior, generasi yang mengerti internet dan mampu memanfaatkan kekuatan media sosial.

"Ini bukan hanya kelompok penggemar yang menikmati musik tetapi juga kekuatan ekonomi, dan sesuatu yang Anda tidak bisa anggap sebagai sesuatu yang sepele," kata Erika Overton (40), salah satu administrator One In An ARMY, grup penggemar yang mengorganisir upaya penggalangan dana #MatchAMillion.

Beberapa anggota Black ARMY mengatakan, BTS memiliki tanggung jawab untuk terus secara terbuka mendukung keadilan rasial. Di sisi lain, BTS juga secara terbuka mengakui musik mereka didasarkan pada hip-hop dan RB genre yang dibuat dan dipopulerkan oleh seniman Amerika berkulit hitam. Namun, ada sejumlah orang yang khawatir perhatian basis penggemar yang lebih luas terhadap isu-isu rasial ini mungkin cepat berlalu.

“Ketika orang peduli, seperti benar-benar peduli, mereka akan mengambil tindakan di balik itu dan bukan hanya kata-kata. Dan untuk benar-benar melihat aksi di baliknya? Itu membuatku bangun dan punya harapan,” kata Nico Edward, yang memiliki saluran video reaksi BTS di YouTube.

“Orang-orang bertindak dan membuat tagar dan semacamnya dan itu bagus untuk meningkatkan kesadaran, tetapi biasanya, perhatian orang beralih ke hal-hal lain. Tapi kami masih berurusan dengan ini setiap hari," sambung dia.

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement