Rabu 15 Jul 2020 15:35 WIB

Pedagang Pasar Atom Beralih ke Kantong Ramah Lingkungan

Sebanyak 60 persen pedagang Pasar Atom mulai gunakan kantong ramah lingkungan.

Sebanyak 60 persen pedagang Pasar Atom mulai gunakan kantong ramah lingkungan (Foto: ilustrasi kantong ramah lingkungan)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sebanyak 60 persen pedagang Pasar Atom mulai gunakan kantong ramah lingkungan (Foto: ilustrasi kantong ramah lingkungan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pasar Metro Atom Pasar Baru, Ikhsan, mengatakan, mayoritas pedagang di lingkungannya atau sekitar 60 persen telah menggunakan kantong belanja ramah lingkungan (KBRL). Hal ini sesuai kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang diberlakukan tanggal 1 Juli lalu.

"Sudah 60 persen yang menggunakan kantong ramah lingkungan. Kita terus berikan imbauan kepada pedagang dengan meminta teman-teman ASN yang ditugaskan memantau pasar. Jadi selain sosialisasi protokol kesehatan jugaPergub 142," kata Ikhsan pada saat dihubungi, Rabu (15/7).

Baca Juga

Pemprov DKI sebelumnya telah mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI 142/2019 tentang tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat yang diberlakukan awal Juli 2020 lalu. Menurut Ikhsan, para pedagang pertokoan seperti pedagang baju hingga perhiasan di Pasar Metro Atom Pasar Baru rata-rata sudah menggunakan kantong ramah lingkungan untuk membungkus barang bawaannya.

"Memang yang agak ekstra di pedagang bawah, yang pedagang pasar basah. Mereka beberapa ada yang masih pakai plastik," ujar Ikhsan.

Ikhsan mengaku, sosialisasi penggunaan kantong belanja ramah lingkungan secara rutin dilakukan oleh para pengelola. Imbauan diberikan, baik dari sosialisasi bentuk visual seperti poster dan spanduk hingga melalui pengeras suara.

"Imbauan langsung, kita petugas keliling nih satu hari dua kali. Lalu setiap satu jam kita juga berikan imbauan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan setiap satu jam sekali lewat pengeras suara gedung," ujar Ikhsan.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan, mengapresiasi langkah pengelola Pasar Metro Atom terkait sosialisasi penggunaan kantong ramah lingkungan yang gencar dilaksanakan. Hal ini dinilai cukup efektif untuk membuat publik beralih ke kantong ramah lingkungan.

"Saya rasa cara tersebut cukup efektif untuk memberitahukan kepada masyarakat, pedagang dan pengunjung untuk beralih menggunakan kantong ramah lingkungan. Tadi kita kunjungan juga, cek ke information center, dan ada petugas khusus untuk memberikan info khusus itu," ujar Bakwan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement