Rabu 15 Jul 2020 14:26 WIB

Khofifah: Tingkat Kesembuhan Kasus Covid di Jatim Tertinggi

Kesembuhan tertinggi di seluruh Indonesia menunjukan kerja keras tenaga kesehatan.

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Ratna Puspita
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan tingkat kesembuhan pasien kasus covid-19 di Jawa Timur merupakan yang tertinggi secara nasional dalam enam hari berturut-turut. Hal ini, kata dia, menunjukan upaya dan kerja keras dari tim tenaga kesehatan untuk terus meningkatkan angka kesembuhan bagi para pasien.

“Jadi begini sekarang ini sudah 6 hari berturut-turut alhamdulillah kesembuhan pasien covid-19 di Jawa Timur itu terbanyak se-Indonesia. Enam hari berturut-turut,” ujar Khofifah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7). 

Baca Juga

Bahkan pada hari ini, data perkembangan angka kesembuhan disebutnya akan mencapai lebih dari 500 orang. Para pasien yang sembuh tersebut telah menjalani pemeriksaan tes dengan hasil dua kali negatif.

“Insyaallah hari ini juga akan tertinggi (angka kesembuhan) di seluruh provinsi Indonesia. Kita harus lihat ada upaya yang sudah sangat maksimal dari rumah sakit,’ tambah dia.

Kendati demikian, pemerintah daerah masih harus bekerja keras untuk menurunkan angka kasus covid serta jumlah kematian pasien. Saat ini, berbagai daerah di Provinsi Jawa Timur telah memiliki 32 mesin laboratorium PCR. 

Selain itu, tak sedikit juga daerah yang memenuhi kebutuhan fasilitas kesehatannya sendiri seperti reagen. “Memang semua tetap dikoordinasikan ke gugus tugas pusat, mana yang bisa disupport dan mana yang sesuai kebutuhan, mereka belanja sendiri. TCM banyak, tes cepat molekuler tapi untuk bisa mendapatkan ini lebih susah daripada reagen,” jelas Khofifah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement