Rabu 15 Jul 2020 14:29 WIB

Soal Membangun Tim, Arteta Teladani Liverpool

Selama empat tahun, Klopp membentuk Liverpool sesuai ambisinya.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.
Foto: EPA-EFE/HOLLY ALLISON
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp.

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Manajer Arsenal Mikel Arteta menyebut Meriam London harus bisa mengambil pelajaran dari Liverpool. Bahkan jika perlu mengambil cara yang dilakukan oleh Juergen Klopp dalam membangun tim.

Klopp mengambil alih the Reds pada Oktober pada 2015. Dia membawa Liverpool meraih juara Liga Primer Inggris setelah 30 tahun puasa. Tidak hanya itu, Liverpool turut meraih juara di Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub tahun lalu.

"Apa yang mereka (Liverpool) lakukan sangat fenomenal, jelas mereka butuh waktu untuk membangun kembali skuat dan menciptakan budaya, filosofi dan model permainan baru yang cocok dengan pelatih," kata Arteta dilansir dari laman Express, Rabu (15/7).

Arteta memuji cara Klopp merekrut pemain yang benar-benar cocok dengan gaya bermainnya. Tidak hanya dari pemilihan pemain, manajemen pun mendukung penuh keinginan manajer dalam perekrutan pemain.

"Secara finansial mereka memiliki dukungan besar dan meminang pemain besar yang mengubah klub," katanya.

"Kini mereka berbeda dengan empat tahun lalu dan kemampuan sebuah klub untuk membangun kembali sesuatu lebih terbatas, tetapi tentunya itu adalah sesuatu yang harus kita perhatikan. Cara mereka melakukannya adalah contoh yang bagus," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement