Rabu 15 Jul 2020 12:58 WIB

Cara Vierratale Bantu Sesama Musisi di Masa Pandemi

Semua musisi diberi lampu hijau untuk meng-cover lagu terbaru Vierratale.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Vierratale merilis lagu Yang Ku Mau setelah vakum berkarya sejak 2017.
Foto: Shelbi Asrianti/Republika
Vierratale merilis lagu Yang Ku Mau setelah vakum berkarya sejak 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik Vierratale mengusung kampanye khusus pada lagu barunya yang baru saja dirilis, "Yang Ku Mau". Band bentukan 2008 itu membebaskan siapa saja untuk melakukan cover alias membawakan ulang lagu, serta mengunggahnya di Youtube atau kanal lain.

"Teman-teman musisi semua silahkan cover lagu "Yang Ku Mau" sebanyak mungkin. Kita enggak akan kenakan copyright, enggak akan kena klaim. Kita mau berbagi hasil sama teman-teman musisi," kata pemain kibor Vierratale, Kevin Aprilio, pada konferensi pers Selasa (14/7) petang.

Baca Juga

Kevin menyampaikan, inisiatif tersebut dalam rangka membantu para musisi yang kerap melakukan cover lagu karya musisi lain di Youtube. Vierratale ingin berbagi profit sehingga orang lain turut mendapatkan pendapatan, sejalan dengan visi mereka untuk menyejahterakan sesama musisi.

Vierratale merasa prihatin dengan banyaknya musisi yang tidak bisa manggung akibat kondisi di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, Kevin bersama Widy (vokal) dan Raka (gitar) memilih untuk lebih longgar terkait hak cipta untuk kebaikan bersama. Mereka pun kerap melakukan cover untuk bersenang-senang.

Kevin kurang sepakat dengan musisi yang kerap nyinyir apabila ada orang lain melakukan cover terhadap karyanya. Sementara, Vierratale lebih woles alias santai terkait hal tersebut. Kevin juga tak setuju jika ada kecenderungan mengotak-kotakkan musisi karena kemampuan atau ketenaran.

Meskipun, sebisa mungkin Vierratale tidak lupa untuk meminta izin ketika akan membuat cover lagu. Dia menyampaikannya langsung secara informal jika mengenal musisi pencipta karya, atau minimal mengirimkan pesan pribadi dan pesan langsung di media sosial.

Kevin mengatakan, cover lagu yang dibuat Vierratale selama vakum sejak 2017 menjadi pemanasan bermusik. Mereka mengambil jeda merilis karya karena sibuk dengan kegiatan masing-masing. Dengan kembalinya mereka meluncurkan lagu baru, ada sejumlah perubahan dan penyesuaian.

Salah satunya, kolaborasi Vierratale dengan Aan Storry dari Kece Entertainment dan Gilang Widya Permana dari Juragan 99. Gilang menjadi produser eksekutif dalam pembuatan video klip lagu "Yang Ku Mau", sementara Aan menjadi produser. Vierratale juga bermitra dengan Kece Entertainment.

"Sekarang posisi sama Aan mitra, partner, bukan bos sama anak buah. Dulu saya ada manajemen sendiri. Sejak fokus bisnis, saya menyimpulkan lebih senang bisnis. Musik senang juga, tapi enggak suka urusin orangnya. Lebih baik kolaborasi kayak gini, lebih enak," kata Kevin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement