Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Serbia Pakai Robot untuk Layanan di Kantor Pemerintahan

Rabu 15 Jul 2020 10:22 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Robot bernama Humanoid memberi pelayanan publik di kantor pemerintah Serbia. Ilustrasi.

Robot bernama Humanoid memberi pelayanan publik di kantor pemerintah Serbia. Ilustrasi.

Foto: EPA
Robot bernama Humanoid memberi pelayanan publik di kantor pemerintah Serbia

REPUBLIKA.CO.ID,  MOSKOW -- Sebuah robot yang dirancang untuk terlihat dan bertindak seperti manusia telah mulai memberikan pelayanan kepada publik di kantor pemerintah Serbia, Selasa (14/7). Humanoid dengan rambut pirang panjang dan mata cokelat ini melayani pelanggan di Perm, sebuah kota 1.100 kilometer timur Moskow.

Sejauh ini, robot tersebut hanya akan membantu mengeluarkan sertifikat untuk bersaksi bahwa seseorang memiliki catatan kriminal yang bersih dan tidak ada catatan penggunaan narkoba. Dokumen tersebut diperlukan di Rusia untuk menyelesaikan berbagai transaksi hukum.

Baca Juga

Robot ini telah dirancang agar terlihat seperti perempuan Rusia pada umumnya. Perusahaan di belakang proyek bernama Promobot ini menyatakan, fitur wajahnya dihasilkan oleh kecerdasan buatan berdasarkan analisis penampilan beberapa ribu wanita.

Untuk menambah kesan petugas yang bekerja, robot ini pun mengenakan seragam kantor pendaftaran dengan kemeja putih dan rompi cokelat. Benda ini dapat menciptakan kembali lebih dari 600 ekspresi wajah manusia dengan menggerakkan mata, alis, bibir, dan otot-otot mekanik lainnya yang ditutupi kulit buatan.

Robot juga dapat bertanya dan menjawab pertanyaan umum dan terhubung ke pemindai serta pencetak dokumen yang tersedia. Kepala kantor pendaftaran, Leonid Gromov, menyatakan humanoid ini memiliki akses ke database dokumen dan sepenuhnya menggantikan karyawan kantor pendaftaran.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB