Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Friday, 24 Zulhijjah 1441 / 14 August 2020

Jangan Masukkan Susu Saat Masak Telur Orak-arik

Rabu 15 Jul 2020 10:01 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Telur orak-arik (ilustrasi).

Telur orak-arik (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Memasukkan susu ke dalam telur orak-arik dinilai kesalahan besar.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Banyak orang memasukkan susu saat membuat telur orak-arik. Namun, langkah itu dinilai keliru.

Sebuah jajak pendapat baru-baru ini menemukan, lebih dari 60 persen orang menambahkan susu saat memasak telur orak-arik. Beberapa responden mengatakan teknik itu membuat telur terasa lebih creamy dan enak, meskipun para koki mengatakan tidak demikian.

Pengelola beberapa restoran di London, Dan Joines, mengatakan seseorang sebaiknya tidak menambahkan susu ke telur orak-arik. Alasannya, campuran itu mengencerkan rasa dan membuat telur bertekstur seperti karet.

"Menurut saya, lebih baik (memasukkan) mentega," kata dia dilansir di Hulldailymail.com, Rabu (15/7).

Pastikan mentega berwarna keemasan, bukan cokelat, sebelum memasukkan telur. Terus aduk-aduk dengan api sedang hingga kecil. "Biarkan telur bergerak dan tercampur dengan spatula sampai sedikit berair, tetapi menyatu (telur dan mentega)," ujar Joines.

Chef Luke Selby yang bekerja di Restoran Hide di London sepakat dengan hal itu. "Memasukkan susu ke dalam telur orak-arik adalah dosa besar," kata Selby.

Campuran itu hanya membuat telur terlalu basah atau lembek. Penulis resep makanan, Rachel Phipps, mengatakan menambahkan susu bisa merusak telur orak-arik. Menambahkan susu dalam telur hanya membuatnya terasa hambar dan warna pucat.

Pada dasarnya, menambahkan cairan ke telur itu tidak perlu. Penambahan itu mungkin muncul ketika banyak orang takut dengan mentega dan lemak. Padahal, susu justru melarutkan rasa telur, bahkan dapat menyebabkan telur terpisah saat dimasak. Selain itu, susu juga mudah membuat telur terlalu matang.

Meskipun bukan susu, beberapa koki menambahkan krim ke telur orak-ariknya. Gardon Ramsay dan Delia Smith melakukan hal itu. Seorang penulis makanan Irlandia, Laoise Casey, mengatakan menambahkan mentega adalah kunci telur sempurna. "Meskipun saya bukan penggemar susu, susu bubuk berbeda dengan susu cair," ujar Casey.

Dia belajar tips itu dari koki Eloise, saat dirinya bekerja di Restoran Paradise Garage. Kocok satu sendok teh susu bubuk dengan telur yang menghasilkan adonan seperti ditaburi keju.

"Faktanya, susu bubuk bisa meningkatkan banyak hidangan, dari es krim hingga kue dan saus butterscotch," kata Casey.

Jangan masak telur dengan api besar, aduk sesekali. Gunakan pula telur yang segar, masukkan telur saat wajan benar-benar panas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA