Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Menakar Peluang Chelsea Tampil di Liga Champions

Rabu 15 Jul 2020 09:24 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Penyerang Chelsea Olivier Giroud (kanan) merayakan golnya ke gawang Norwich City.

Penyerang Chelsea Olivier Giroud (kanan) merayakan golnya ke gawang Norwich City.

Foto: EPA-EFE/Richard Heathcote
Chelsea yang memainkan satu laga lebih banyak kini berada di peringkat ketiga.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keberhasilan Chelsea membungkam Norwich City 1-0 pada pekan ke-36 Liga Primer Inggris, Rabu (15/7) dini hari WIB, memperbesar peluang the Blues untuk tampil di Liga Champions musim depan. Chelsea yang memainkan satu laga lebih banyak dari pesain-pesaingnya kini berada di peringkat ketiga. Skuat asuhan Frank Lampard unggul empat poin atas Leicester City dan Manchester United, yang duduk di peringkat keempat dan kelima secara berurutan.

Dengan keunggulan poin yang cukup besar, dan dibatalkannya sanksi UEFA terhadap Manchester City, maka dua posisi teratas Liga Primer Inggris sudah pasti menjadi milik Liverpool dan Manchester City. Dua tim ini pun otomatis sudah mengantongi tiket ke Liga Champions musim depan.

Baca Juga

Namun, persaingan ketat masih tersaji untuk menentukan pemegang dua tiket terakhir tampil di Liga Champions musim depan. Hingga Liga Primer Inggris tinggal menyisakan tiga partai lagi untuk sebagian besar kontestan, setidaknya masih ada enam tim yang masih memiliki peluang tampil di Liga Champions musim depan berdasarkan posisi terakhir di klasemen akhir Liga Primer Inggris musim ini. 

Enam tim tersebut adalah Chelsea, Leicester City, Manchester United, Wolverhampton Wanderers, Sheffield United, dan Tottenham Hotspur. Bahkan, sebagian besar dari enam tim tersebut akan saling berhadapan satu sama lain di sisa Liga Primer Inggris musim ini. Selain itu, tidak pula tertutup kemungkinan adanya laga play-off penentuan peringkat keempat Liga Primer Inggris musim ini.

Tidak hanya itu, apabila nantinya dua wakil Inggris berhasil meraih titel di Liga Champions dan Liga Europa musim ini dan tim-tim tersebut finis di luar empat besar, maka hanya tiga tim teratas di papan klasemen akhir Liga Primer Inggris yang boleh tampil di Liga Champions musim depan. Pasalnya, Liga Primer Inggris hanya boleh mengirimkan maksimal lima wakil di Liga Champions.

Sebagai contoh, apabila Chelsea bisa menjuarai Liga Champions musim ini dan Wolves bisa menjadi yang terbaik di Liga Europa. Maka kedua tim berhak tampil di Liga Champions musim depan meski gagal finis di empat besar. Dengan telah tampilnya Chelsea dan Wolves di Liga Champions, maka penghuni peringkat keempat di Liga Primer Inggris hanya berhak tampil di Liga Europa.

Dengan mengantongi keunggulan empat poin dan telah memainkan satu laga lebih banyak, Chelsea tinggal memiliki dua laga sisa di pentas Liga Primer Inggris, yaitu menghadapi Wolves di laga tandang dan Liverpool di partai kandang. Secara matematis, tim besutan Frank Lampard itu tinggal membutuhkan empat poin tambahan untuk bisa mengunci satu tiket tampil di Liga Champions musim depan. 

Bahkan, apabila pesaing-pesaing terdekatnya ada gagal memetik poin penuh, maka the Blues tinggal membutuhkan tiga poin di dua laga sisa. Berdasarkan penghitungkan laman penyedia statistik olahraga Gracenote, Chelsea memiliki peluang hingga 87 persen untuk finis di empat besar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA