Rabu 15 Jul 2020 00:00 WIB

Ketum Wushu: Pelatih Hebat Bisa Lahirkan Lindswell Baru

Para pelatih wushu tengah menjalani sertifikasi.

Atlet Wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo   menerima ucapan dari Ketua umum pengurus besar Wushu Indonesia , Airlangga Hartarto  saat prosesi penyerahan medali cabang olahraga Wushu Changquan Putra di Hall B, beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Atlet Wushu Indonesia Edgar Xavier Marvelo menerima ucapan dari Ketua umum pengurus besar Wushu Indonesia , Airlangga Hartarto saat prosesi penyerahan medali cabang olahraga Wushu Changquan Putra di Hall B, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditunjuk menjadi Ketua Umum PB Wushu Indonesia (PB WI) sejak tahun 2017, Airlangga Hartarto sejumlah gebrakan dilakukan olehnya. Airlangga mengatakan, fokusnya bukan hanya soal regenerasi atlet wushu, peningkatan mutu pelatih juga menjadi konsentrasi besar pria kelahiran Surabaya 1 Oktober 1962 tersebut. 

"Cabor wushu adalah salah satu penggali medali emas Tanah Air dan di tangan para pelatih ini diharapkan lahir Lindswell-Lindswell (legenda wushu Indonesia) baru. Semoga dari tangan pelatih-pelatih ini lahir Lindswell baru dan ada yang mendampingi Edgar Xavier (atlet wushu berprestasi Tanah Air). Terima kasih dan kami berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Menpora (Zainudin Amali) yang telah memfasilitasi pelaksanaan sertifikasi ini dan para narasumber serta panitia pelaksana," katanya dalam acara Sertifikasi Pelatihan Tingkat Pratama Cabor Wushu di Ballroom Hotel Pullman, Central Park Jalan Letjen S. Parman, Jakarta, Selasa (14/7) sore WIB.

Tiga tahun menjabat sebagai Ketum PBWI banyak prestasi yang sudah ditorehkan. Mulai dari SEA Games XXIX/2017, Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 Filipina. Di SEA Games XXIX/2017 Kuala Lumpur, Malaysia tim wushu Tanah Air berhasil memboyong tiga medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Saat itu Lindswell Kwok berhasil meraih medali emasnya dari nomor Taijijian (jurus pedang).

Di ajang Asian Games 2018, saat Indonesia menjadi tuan rumah, wushu Tanah Air mampu melampaui target perolehan medali dengan berhasil mengumpulkan 5 medali yang terdiri dari 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Medali emas kembali disumbangkan oleh atlet senior Lindswell Kwok di nomor taijiquan dan taijijian putri.

Wushu Indonesia kembali meraih medali emas di ajang SEA Games 2019 Filipina melalui Edgar Xavier Marvelo yang merengkuh medali emas di nomor taolu kombinasi daoshu dan gunshu. Pasangan Yanti K. Isfandiari ini tak luput untuk meneruskan tradisi reward bagi para atlet dari penampilan baiknya di berbagai event regional maupun internasional. 

Menpora mengucapkan terima kasih kepada cabor wushu yang terus menyumbangkan prestasi untuk merah putih. Menurut dia, pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan rasa percaya diri para pelatih untuk terus melahirkan atlet-atlet muda yang memiliki potensi luar biasa. "Dengan sertifikat ini para pelatih akan percaya diri dan lapangan pekerjaan terbuka untuk berbagai cabang olahraga," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement