Selasa 14 Jul 2020 22:19 WIB

Tape Uli Khas Cisalak Diusulkan Jadi Makanan Khas Depok

Makanan tradisional ini sudah secara turun temurun diproduksi oleh warga di Cisalak

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Tape Uli, (ilustrasi).
Foto: Republika/Achmad Syalabi
Tape Uli, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kelurahan Cisalak akan mengusulkan tape uli khas Cisalak untuk menjadi makanan khas Kota Depok. Tape uli sudah menjadi makanan tradisional ini sudah secara turun temurun diproduksi oleh warga di Cisalak.

"Tape uli khas Cisalak itu unik, disamping bentuknya yang kecil rasanya juga legit, beda dengan tape pada umumnya," ujar Lurah Cisalak, Wiyana, Selasa (14/7).

Baca Juga

Menurut Wiyana, sejak dahulu warganya sudah memproduksi tape uli. Namun seiring perkembangan zaman, tidak ada lagi regenerasi yang mampu membuat kudapan ini.

Untuk itu, melalui kader PKK Kelurahan Cisalak, pihaknya ingin memberdayakan generasinya milenial agar bisa melanjutkan produksi tape uli. Dengan begitu, makanan khas ini dapat terus berkembang dan tidak hilang ditelan zaman.

"Kami sedang mencari bibit baru di masyarakat yang mau mengolah dan membuat tape uli. Tidak hanya itu kultur budayanya juga harus diteruskan," jelas Wiyana.

Dia menambahkan, upaya ini dilakukan karena tahun ini pihaknya fokus pada pengembangan potensi lokal. Khususnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Saya sudah instruksikan untuk semua kegiatan atau acara di kelurahan dan kemasyarakatan harus ada makanan khas Cisalak yakni tape uli," pungkas Wiyana.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement