Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Kantor Catatan Sipil Rusia Pekerjakan Robot Bentuk Manusia

Rabu 15 Jul 2020 00:36 WIB

Red: Nur Aini

Robot, ilustrasi

Robot, ilustrasi

Foto: EPA
Robot berbentuk manusia menjadi petugas administrasi di kantor sipil Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kantor catatan sipil di Kota Perm, Rusia, telah mempekerjakan sebuah robot yang berbentuk manusia (humanoid) untuk jadi petugas administrasi. Kota Perm berjarak sekitar 1.100 kilometer (680 mil) dari timur ibu kota Rusia, Moskow.

Baca Juga

Humanoid itu dibentuk menyerupai perempuan dengan mata berwarna coklat dan rambut pirang panjang. Sejauh ini, robot itu melayani masyarakat yang ingin mencetak surat keterangan kelakuan baik dan surat bebas narkoba. Dokumen tersebut kerap jadi syarat yang perlu dipenuhi warga untuk mengesahkan beberapa transaksi legal di Rusia.

Menurut pembuatnya, Promobot, robot itu dirancang menyerupai rata-rata perempuan di Rusia. Bentuk wajahnya dibuat menggunakan kecerdasan buatan yang menganalisis ribuan wajah perempuan.

Robot tersebut dapat menunjukkan lebih dari 600 ekspresi manusia dengan menggerakkan mata, alis, bibir, dan otot lainnya yang ditutup dengan kulit buatan, kata Promobot. Humanoid itu juga mengenakan seragam pemerintah, yaitu baju berwarna putih dan rompi berwarna coklat.

Kepala kantor pencatatan sipil di Kota Perm, Leonid Gromov mengatakan robot itu dapat mengajukan pertanyaan dan memberi jawaban umum, dan beberapa bagian dari tubuhnya terhubung dengan alat pemindai (scanner) dan printer. Robot itu juga punya akses penuh ke sistem data serta dapat menggantikan kerja seorang pegawai catatan sipil.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA