Selasa 14 Jul 2020 20:23 WIB

Pria di Turki Ciptakan Masker Berlapis Emas untuk Pernikahan

Masker berlapis emas diciptakan pria di Turki untuk pasangan menikah.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nashih Nashrullah
Masker berlapis emas diciptakan pria di Turki untuk pasangan menikah. Ilustrasi emas.
Foto: Reuters
Masker berlapis emas diciptakan pria di Turki untuk pasangan menikah. Ilustrasi emas.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL— Perajin emas di provinsi Kahramanmaraş, Turki membuat masker berlapis emas sebagai perlindungan dari virus covid-19 sekaligus tampil elegan. Masker itu terutama ditujukan bagi pasangan yang akan menikah.

Ketua perajin, Hacı Mustafa Öz, berharap masker emas itu dapat menampilkan visual lebih memukau daripada masker biasa. Sebab Turki mewajibkan semua peserta pernikahan mengenakan masker guna mencegah penularan Covid-19.

Baca Juga

Kahramanmaraş memang dikenal atas kehebatan perajin emasnya. Selain masker, perajin disana biasa membuat karya lain dari emas untuk membuat pernikahan megah.

"Kami menyadari masker biasa tidak menyenangkan pengantin. Saya pikir alangkah bagusnya membuat masker berlapis emas," kata Öz dilansir dari Anadolu Agency pada Senin (13/7).

Sebelumnya, Turki menghentikan semua kegiatan pernikahan pada akhir Maret. Turki baru mengizinkan lagi pernikahan dilakukan pada bulan ini setelah menerbitkan aturan soal penerapan protokol kesehatan selama pernikahan.

Hingga Ahad (12/7), Turki mengumumkan ada 1.012 kasus baru covid-19 hingga total sementara sejak Maret lalu berjumlah 213 ribu orang. Adapun angka kematian covid-19 mencapai 5.363 kasus.

Kasus covid-19 di Turki kian melonjak seiring pelonggaran lockdown pada Juni lalu. Pemerintah Turki meminta warganya terus menerapkan protokol kesehatan demi kesehatan bersama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement