Selasa 14 Jul 2020 18:29 WIB

83 Miliuner Dunia Siap Dipajak Ekstra untuk Danai Bantuan Pandemi Corona

Jutaan orang akan kehilangan pekerjaan ketika bisnis tutup, sebagian secara permanen.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Imago/Newscast
Imago/Newscast

Dalam sebuah surat terbuka, 83 individu terkaya dunia yang menyebut dirinya Millionaires for Humanity mengatakan mereka siap membayar pajak yang lebih tinggi untuk bantuan pemulihan dunia dari krisis pandemi corona.

Dalam surat terbuka yang dirilis hari Senin (13/07), para penandatangan yang berasal dari tujuh negara itu menulis, masalah yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 "tidak dapat diselesaikan dengan tindakan amal, tidak peduli seberapa besar kemurahan hati itu."

"Kami tidak mengemudikan ambulans yang akan membawa orang sakit ke rumah sakit. Kami tidak mengatur lagi rak-rak toko kelontong atau mengantarkan makanan dari pintu ke pintu. Tapi kami punya uang, banyak," tulis para penandatangan.

Seruan untuk kenaikan pajak secara permanen

Sarana untuk membangun kembali sistem kesehatan dunia, sekolah, dan keamanan hanya dapat diperoleh melalui "kenaikan pajak secara permanen pada orang terkaya di planet ini, orang-orang seperti kami," kata surat itu.

"Jutaan orang akan kehilangan pekerjaan ketika bisnis tutup, sebagian secara permanen," para miliuner memperingatkan. "Para pemimpin pemerintahan harus mengambil tanggung jawab untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan dan membelanjakannya secara adil."

Surat itu dirilis menjelang pertemuan para menteri keuangan G20 dan pertemuan puncak para pemimpin Uni Eropa akhir pekan ini.

Dari raja es krim sampai enterpreneur bisnis investasi

Penandatangan surat itu antara lain salah satu pendiri merek es krim Ben & Jerry's, Jerry Greenfield, pewaris Walt Disney, Abigail Disney, dan enterpreuner Jerman Dr. Mariana Bozesan, pendiri AQAL Capital yang meraih penghargaan Europe's Female Investor of the Year 2019.

Aksi surat terbuka itu adalah prakarsa kolaborasi kelompok-kelompok bantuan sosial, termasuk Oxfam, Tax Justice UK dan kelompok individu kaya AS Patriotic Millionaires.

Surat itu diakhiri dengan seruan: "Pajak kami. Pajak kami. Pajak kami. Itu adalah pilihan yang tepat. Itu satu-satunya pilihan. Kemanusiaan lebih penting daripada uang kita."

hp/rap (afp, kna)

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan deutsche welle. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab deutsche welle.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement