Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Tata Cara Mandi Wajib

Rabu 15 Jul 2020 04:00 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil

 Tata Cara Mandi Wajib. Foto:  Mandi Junub (ilustrasi).

Tata Cara Mandi Wajib. Foto: Mandi Junub (ilustrasi).

Foto: Foto : Mardiah
Rasulullah telah mencontohkan tata cara mandi wajib.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Mandi janabah atau juga biasa disebut mandi wajib di Indonesia adalah tata cara ritual yang bersifat ta'abbudi dan tujuan dilakukannya yaitu untuk menghilangkan hadats besar. Misalnya, saat di mana seseorang keluar air mani atau setelah melakukan hubungan suami istri, atau beberapa kondisi lainnya.

Baca Juga

Namun, apa yang membedakan antara mandi biasa dengan mandi wajib? Apakah ada tata cara khusus mengenai mandi wajib sebagaimana tuntunan Rasulullah SAW? Ustadz Isnan Ansory, Lc., M.Ag menjelaskannya dalam bukunya berjudul "Mandi Janabah Rasulullah SAW Menurut 4 Mazhab".

Ustadz Isnan menjelaskan, Alquran menyebutkan syariat mandi janabah secara global. Adapun untuk perinciannya, praktik mandi Rasulullah SAW menjadi penafsir atas aturan global tersebut.

"Dan tentunya, riwayat-riwayat yang sampai kepada kita terkait praktik mandi Rasulullah SAW, umumnya diriwayatkan oleh istri-istri beliau, sebagai bagian dari ahli bait Nabi SAW," papar Ustadz Isnan.

Ada beberapa hadits yang menyampaikan penjelasan secara detail soal tata cara mandi wajib Rasulullah SAW. Misalnya pada hadits riwayat Bukhari dan Muslim dari jalur Aisyah RA. Dalam hadits ini, Aisyah memaparkan hal-hal apa saja yang dilakukan Nabi SAW saat memulai dan mengakhiri mandi janabah.

Pertama, Rasulullah SAW mencuci kedua tangannya. Kemudian, beliau menumpahkan air dari tangan kanannya ke tangan kiri, lalu mencuci kemaluannya. Selanjutnya, Nabi SAW berwudhu seperti wudhu orang sholat. Kemudian beliau mengambil air, lalu memasukkan jari-jari tangannya ke sela-sela rambutnya.

Jika Nabi SAW yakin semua kulit kepalanya telah basah, lantas beliau menyirami kepalanya tiga kali. Dilanjutkan dengan membersihkan seluruh tubuhnya dengan air, kemudian diakhiri dengan mencuci kakinya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA