Selasa 14 Jul 2020 11:07 WIB

Sosok Pilot Perempuan Kulit Hitam Pertama di Marinir AS

Madeline Swegle menjadi pilot pesawat taktis perempuan kulit hitam pertama.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Madeline Swegle.
Foto: ABC.net
Madeline Swegle.

REPUBLIKA.CO.ID, KINGSVILLE -- Angkatan Laut Amerika Serikat (AS)  menyambut pilot Pesawat Taktis perempuan kulit hitam pertama. Sosok bernama Letnan j.g. Madeline Swegle itu pun mendapatkan sambutan hangat dari banyak pihak, termasuk militer dan warga global.

"MEMBUAT SEJARAH!" Angkatan Laut AS mengumumkan melalui akun Twitter pada Kamis (9/7).

Baca Juga

Pengumuman itu dilakukan sebagai tanggapan terhadap unggahan yang Letnan j.g. Madeline Swegle telah menyelesaikan sekolah penerbangan Angkatan Laut. Dia akan menerima lencana petugas penerbangan yang dikenal sebagai Wings of Gold pada 31 Juli.

Komando Pelatihan Udara Angkatan Laut menyatakan melalui akun Twitter bahwa Swegle adalah pilot perempuan kulit berwarna pertama yang diketahui berada di Angkatan Laut. Menurut Stars and Stripes, Swegle berasal dari Burke, Virginia, dan lulus dari Akademi Angkatan Laut AS pada 2017.

Para pejabat mengatakan, Swegle ditugaskan ke Pelatihan Redhawks of Skuadron 21 di Kingsville, Naval Air Station Kingsville, Texas. Sebagai dokumentasi, Swegle berfoto dengan berdiri di samping pesawat pelatihan T-45C Goshawk setelah penerbangan terakhirnya untuk menyelesaikan silabus pelatihan pilot Air Pilot (Strike) pada 7 Juli di Kingsville, Texas.

Tonggak sejarah Swegle ini muncul setelah lebih dari 45 tahun Rosemary Mariner menjadi wanita pertama yang menerbangkan jet tempur taktis tahun 1974.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement