Selasa 14 Jul 2020 14:32 WIB

Croke Park Jadi Tuan Rumah Festival Idul Adha

Festival Idul Adha diselenggarakan di Croke Park.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Croke Park Jadi Tuan Rumah Festival Idul Adha. Foto: Ilustrasi sholat Idul Adha.
Foto: AFP
Croke Park Jadi Tuan Rumah Festival Idul Adha. Foto: Ilustrasi sholat Idul Adha.

REPUBLIKA.CO.ID,DUBLIN -- Stadion Croke Park di Dublin, Irlandia, diatur untuk menjadi tuan rumah festival Idul Adha. Idul Adha merupakan sebuah acara besar dalam kalender Muslim. 

'Festival Pengorbanan' adalah salah satu perayaan paling penting dalam kalender Muslim setelah Ramadhan dan Idul Fitri. Kegiatan ini akan berlangsung di luar ruangan, di Taman Croke pada 31 Juli atau 1 Agustus, tergantung pada perhitungan cahaya matahari.

 

Dalam pengumumannya hari ini, Selasa (14/7), diharapkan 500 orang dapat menghadiri kegiatan, dalam rangka mematuhi dan memungkinkan jarak sosial.

 

Shaykh Dr Umar Al-Qadri dari Irish Muslim Peace & Integration Council mengatakan, pilihan Croke Park merupakan simbol bagi Muslim Irlandia dengan 'identitas ganda' mereka, sebagai orang Irlandia dan Muslim.

 

Dilansir di The Journal, menurut data sensus pada 2016, ada sekitar 63.443 Muslim yang tinggal di Republik Irlandia. Sementara pada 2011 terjadi peningkatan 29persen.

 

Presiden GAA, John Horan mengatakan, menggelar perayaan di Croke Park tahun ini menunjukkan komitmen inklusi dan keyakinan Asosiasi, jika itu semua adalah tempat Muslim berada.

 

"Perayaan Idul Adha yang bersejarah di Croke Park tahun ini akan menjadi representasi positif keragaman Irlandia yang berkembang dari banyak agama yang berbeda," kata Syaikh Dr Umar Al-Qadri, dilansir di The Journal, Selasa (14/7).

 

Bagi komunitas Muslim Irlandia, perayaan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini berlangsung di rumah karena pembatasan Covid-19.  

 

Sumber:

Baca Juga

https://www.thejournal.ie/croke-park-to-host-major-muslim-festival-eid-al-adha-5149093-Jul2020/

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement