Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

15 Masjid akan Dibangun di Abu Dhabi, Al Ain, dan Al Dhafra

Selasa 14 Jul 2020 09:09 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil

 15 Masjid Akan Dibangun di Abu Dhabi, Al Ain, dan Al Dhafra. Foto: Wisata religi menjadi salah satu unggulan turisme di Abu Dhabi. Seperti masjid terbesar di Uni Emirat Arab yaitu Masjid Syeikh Zayed di Abu Dhabi.

15 Masjid Akan Dibangun di Abu Dhabi, Al Ain, dan Al Dhafra. Foto: Wisata religi menjadi salah satu unggulan turisme di Abu Dhabi. Seperti masjid terbesar di Uni Emirat Arab yaitu Masjid Syeikh Zayed di Abu Dhabi.

Foto: EPA
Pembangunan 15 masjid akan dimulai.

REPUBLIKA.CO.ID,ABU DHABI -- Lima belas masjid baru akan dibangun di Abu Dhabi, Al Ain, dan Al Dhafra. Pembangunan masjid tersebut telah dimulai, dan akan menelan biaya 45 juta dirham Uni Emirat Arab (UEA).

"Departemen Kota dan Transportasi tertarik untuk menerapkan arahan dari kepemimpinan bijak kami untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Emirat dengan menyediakan segala macam fasilitas, baik sekarang maupun di masa depan," kata Direktur Eksekutif Urusan Operasi di Departemen Kota dan Transportasi (DMT), Hamad Al Mutawa dilansir dari laman Khaleej Times, Selasa (14/7).

Baca Juga

Masjid akan memiliki total kapasitas hingga 6.334 jamaah. Masing-masing dari lima belas masjid termasuk ruang sholat wanita, akomodasi muazin dan imam. Mereka juga termasuk wilayah wudhu internal dan eksternal.

"Pembentukan masjid-masjid ini datang dalam kerangka rencana departemen untuk membangun 20 masjid baru di Emirat Abu Dhabi sejalan dengan visi dan tujuannya untuk mengembangkan komunitas perkotaan yang berkelanjutan dan terintegrasi yang memiliki layanan yang mudah diakses, berkontribusi untuk mencapai komunitas  kepuasan," ucap Al Mutawa.

Di Abu Dhabi, masjid-masjid ini terletak di atas lahan seluas 17.392 meter persegi, dan dapat menampung 2.928 jamaah. Sementara di Al Ain, masjid-masjid ini terletak di area seluas 15.247 meter persegi dan dapat menampung 2.162 jamaah, sedangkan di Al Dhafra, mereka berada di area seluas 9.219 meter persegi dan dapat menampung 1.244 jamaah.

Lima belas masjid diperkirakan akan selesai sebelum akhir 2020. Pengembangan telah dimulai oleh DMT Abu Dhabi, bekerja sama dengan Modon Properties, anak perusahaan dari ADQ, diamanatkan oleh Pemerintah Abu Dhabi untuk mengembangkan tujuan wisata terpadu, dan komunitas perumahan yang berkelanjutan.

Pembangunan lima belas masjid datang sebagai bagian yang lebih luas dari rencana pengembangan strategis Departemen Kota dan Transportasi. Secara keseluruhan, 20 masjid akan dibangun di emirat Abu Dhabi, termasuk tujuh masjid di Abu Dhabi, lima masjid di Al Ain, dan tiga di Al Dhafra.  

"Lima belas masjid ini membantu penghuni emirat Abu Dhabi untuk menikmati gaya hidup yang terintegrasi. Terletak di lokasi strategis, setiap masjid akan melayani luas segmen penduduk dan warga emirat, sejalan dengan visi pengembangan Abu Dhabi," kata Project Manager di Modon Properties, Abdul Qader Al Jabri.

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA