Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

221 Desa di Karawang Terima BLT Tahap Kedua

Selasa 14 Jul 2020 08:29 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Friska Yolandha

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang mulai mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap kedua. Penyaluran bantuan ini akan dimulai pada pekan ini.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang mulai mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap kedua. Penyaluran bantuan ini akan dimulai pada pekan ini.

Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Jumlah penerima manfaat di Kawarang mencapai 58.519 jiwa.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang mulai mendistribusikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap kedua. Penyaluran bantuan ini akan dimulai pada pekan ini. 

Kepala DPMD Kabupaten Karawang, Agus Mulyana mengatakan, BLT Dana Desa tahap kedua sudah didistribusikan untuk 221 desa dari 297 desa di Kabupaten Karawang kepada masyarakat. Sedangkan untuk 76 desa yang menyusul, sudah masuk dalam tahap verifikasi data. 

Baca Juga

"Sebanyak 221 desa sudah tahap pendistribusian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap kedua di Kabupaten Karawang. Sisanya (76 desa) menyusul dan sudah masuk dalam tahap verifikasi data," kata Agus dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (13/7).

Ia menyebutkan untuk jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) dari BLT Dana Desa di Kabupaten Karawang sekitar 58.519 jiwa. Masing-masing mendapat Rp 600 ribu, sehingga total anggaran Dana Desa yang digunakan untuk BLT dengan total sekitar dari Rp 35 miliar. 

"Sesuai Permendes nomor 6 tahun 2020. Pemdes wajib mengalokasikan 30-35 persen dana desa untuk jaring pengaman sosial Covid-19," ujarnya.

Ia berharap bantuan ini bisa diterima dan membantu masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. Bantuan juga diharapkan bisa digunakan sebaik mungkin nantinya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA