Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Mengenal Gli, Penjaga Setia Aya Sofya 16 Tahun Terakhir

Selasa 14 Jul 2020 07:36 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Gli, kucing penjaga setia Hagia Sophia atau Aya Sofya.

Gli, kucing penjaga setia Hagia Sophia atau Aya Sofya.

Foto: Instagram/HagiaSophiaCat
Popularitas Gli naik sejak dibelai Erdogan dan Obama yang mengunjungi Hagia Sophia.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Cerita tentang Aya Sofya atau Hagia Sophia yang berstatus museum dan baru saja diubah menjadi masjid, tidak melulu tentang sejarah bangunannya. Sebenarnya ada yang unik tentang Hagia Sophia, yaitu tentang salah satu 'penjaganya' yang belasan tahun tidak pernah meninggalkan bangunan yang pertama kali dibangun pada ‎532 ini. Dia bukan penjaga betulan, melainkan seekor kucing yang memang setia selalu berada di Aya Sofya.

Aksinya kerap mendapat perhatian pengunjung. Gli namanya. Kucing penunggu Aya Soyfa ini tercatat sebagai penjaga selama belasan tahun terakhir. Lonely Planet pada 2018 menjelaskan jika Gli sudah 14 tahun 'bermukim' di Aya Sofya, sehingga sekarang ia sudah 16 tahun berdiam di sana. 

Gli artinya 'persatuan cinta'. Dia merupakan kucing berjenis Eropa berbulu pendek yang cantik dengan mata sedikit juling dan sikap yang menawan. Karena merasa betah tinggal di bangunan yang berusia ribuan tahun tersebut, Gli akhirnya menjadi hewan kesayangan bagi semua wisatawan yang mengunjungi Aya Sofya.

Popularitas Gli tidak hanya terkenal di Turki, melainkan seantero dunia lantaran Aya Sofya menjadi lokasi kunjungan wisatawan dari berbagai mancanegara. Tidak heran, berbagai fotonya menghiasi media sosial (medsos). Bahkan, tidak jarang pulang media berbagai dunia mengulas Gli.

Gli menjadi populer ketika kala itu Perdana Menteri Reccep Tayyip Erdogan dan kemudian Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada medio 2009, membelai dia. Sejak saat itu, popularitasnya menjadi terkenal, khususnya di Turki. Gli sejatinya adalah hewan pemburu makanan ketika muda. Dia biasa berburu burung yang biasa mengitari Aya Sofya untuk dijadikan makanan. Sekarang hal itu tidak bisa dia lakukan karena usia dan matanya.

Media pemerintah Turki, TRT World melaporkan, perubahan status Aya Sofya dari museum menjadi masjid tidak membuat Gli harus dipindahkan. Sebagai kucing penjaga Aya Sofya yang setia, ia tetap bisa bebas beraktivitas, meski bangunan yang pernah menjadi gereja Ortodoks itu akan menggelar shalat Jumat untuk pertama kalinya pada 24 Juli mendatang. "Gli akan tetap berada di dalam Hagia Sophia sebagai tamu yang sempurna," begitu ulasan TRT World.

Karena kepopulerannya, Gli sampai dibuatkan akun Instagram, @hagiasophiacat oleh pemandu wisata Hagia Shopia, Umut Bahceci yang memiliki kepedulian terhadap kucing tersebut. Hingga kini, terdapat 631 unggahan foto tentang Gli dan jumlah pengikutnya mencapai 32,7 ribu akun.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA