Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Ditahan Southampton, MU Urung Tembus Empat Besar

Selasa 14 Jul 2020 04:34 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Penyerang Manchester United, Anthony Martial, membawa United unggul sementara atas Southampton di babak pertama. Laga berakhir 2-2 dalam lanjutan Liga Primer Inggris Selasa (14/7) dini hari WIB.

Penyerang Manchester United, Anthony Martial, membawa United unggul sementara atas Southampton di babak pertama. Laga berakhir 2-2 dalam lanjutan Liga Primer Inggris Selasa (14/7) dini hari WIB.

Foto: EPA-EFE/Dave Thompson
United mengantongi poin yang sama dengan Leicester tapi kalah selisih gol.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) urung menembus empat besar klasemen setelah gagal menaklukkan Southampton pada pekan ke-35 Liga Primer Inggris, Selasa (14/7) dini hari WIB. Sempat unggul 2-1 hingga masa injury time babak kedua, United akhirnya harus rela gigit jari.

Southampton menyamakan kedudukan pada menit ke-96. Laga pun berakhir imbang, 2-2.

Hanya mampu menambah satu poin, United urung merangsek ke peringkat ketiga klasemen sementara. United mengantongi poin yang sama dengan Leicester City, yang berada di peringkat keempat, yaitu 59 poin dari 35 laga.

Namun, Iblis Merah kalah jumlah selisih gol dibanding the Foxes. Alhasil, posisi United di papan klasemen sementara Liga Primer tidak beranjak. United pun masih harus berjuang keras untuk bisa finis di empat besar dan tampil di Liga Champions pada musim depan.

Di laga ini, pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer, menurunkan deretan pemain terbaik, termasuk trio lini serang, Mason Greenwood, Anthony Martial, dan Marcus Rashford. Kendati begitu, United sempat kesulitan untuk mengembangkan permainan pada 10 menit awal pertandingan.

United tidak bisa keluar dari tekanan yang dilakukan oleh para penggawa the Saints. Puncaknya, pada menit ke-12, sebuah kesalahan Paul Pogba mampu dimanfaatkan oleh para penggawa Southampton. Pogba kehilangan kendali bola tepat di depan kotak penalti dan berhasil direbut salah satu pemain Southampton.

Nathan Redmond, yang menerima operan, kemudian mengarahkan bola ke sebelah kanan kotak penalti United. Bola sodoran Redmond langsung disambar oleh Stuart Armstrong sekaligus membawa the Saints unggul atas tim tuan rumah. Namun, keunggulan tim tamu ini hanya bertahan selama delapan menit.

Menerima umpan lambung Pogba dari tengah lapangan, Anthony Martial langsung memberikan operan kepada Marcus Rashford yang berlari dari sisi kanan pertahanan Southampton. Tanpa kesulitan, pemain asal Inggris itu langsung melepaskan tendangan keras tanpa bisa dihalau kiper Southampton, Alex McCarthy.

Tidak berhenti sampai di situ, United bahkan mampu berbalik unggul hanya berselang tiga menit setelah berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan. Kali ini giliran Martial yang sukses mencatatkan namanya di papan skor. Setelah menerima operan dari Bruno Fernandes di sisi kiri pertahanan Southampton, Martial langsung merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan keras ke arah pojok atas gawang the Saints. United pun akhirnya menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Memasuki babak kedua, baik United dan Southampton tampil lebih berhati-hati. The Saints kerap mengancam lewat sejumlah serangan balik. Sementara United terus berusaha mengendalikan permainan lewat penguasaan bola. Kendati begitu, perebutan bola antara pemain kedua tim kerap berujung pelanggaran. Hanya dalam waktu 10 menit awal babak kedua, wasit sudah mengeluarkan dua kartu kuning untuk para pemain Southampton.

Tidak mau mengambil risiko soal kondisi anak-anak asuhnya, Solskjaer akhirnya melakukan pergantian pemain. Paul Pogba ditarik keluar dan digantikan oleh Fred. Pada menit ke-68, United mampu mengancam gawang tamunya. Operan satu dua antara Martial dan Rashford menembus pertahanan the Saints. Sayangnya, sepakan keras Rahsford masih bisa dihalau oleh bek sayap Southampton, Ryan Bertrand.

Memasuki 10 menit akhir laga, United kembali mendapatkan peluang emas. Martial yang melakukan solo run berhasil menembus tembok pertahanan Southampton. Namun, sepakan Martial dapat diblok oleh salah satu pemain bertahan the Saints. Kendati begitu, Southampton bukan tanpa perlawanan. Namun, bola hasil sundulan Shane Long tepat di depan kotak penalti United masih bisa ditangkap oleh kiper David De Gea.

Petaka buat United datang pada menit ke-96. Adalah pemain pengganti, Michael Obafemi, yang berhasil merobek gawang United. Berawal dari umpan lambung James Ward-Prowse, Jan Bednarek menyambar umpan lambung tersebut dan mengarahkan bola ke tiang dekat. Bola kemudian langsung disambar oleh Obafemi tanpa bisa dihalau oleh De Gea. Seiring gol Obafemi tersebut, wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.

Susunan Pemain:

Manchester United (4-3-3)
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer
Kiper: De Gea,
Blekang: Wan-Bissaka, Shaw, Maguire, Lindelof
Tengah: Matic, Pogba, Fernandes,
Depan: Martial, Greenwood, Rashford.

Southampton
Pelatih: Ralph Hassenhutl
Kiper: McCarthy
Belakang: Walker-Peters, Stephens, Bednarek,Bertrand,
Tengah: Armstrong, Romeu, Ward-Prowse, Redmond,
Depan: Adams, Ings

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA