Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Sunday, 19 Zulhijjah 1441 / 09 August 2020

Catatan Harian Ekspedisi Republikopi Hari Kedelapan

Selasa 14 Jul 2020 01:58 WIB

Rep: Bayu Hermawan/ Red: Sadly Rachman

Petani Kopi Cupunagara, Jawa Barat, Abah Cucu

Foto: Republika TV/Fakhtar Khiron Lubis
EMBED
Ekspedisi Republikopi hari kedelapan.

REPUBLIKA.CO.ID, CUPUNAGARA -- Abah Cucu, petani kopi asal Desa Cupunagara, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, merasa bahagia melihat masyarakat di lingkungannya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menanam kopi. Di umurnya yang sudah 73 tahun, Abah Cucu berharap petani kopi di Desa Cupunagara bisa meningkatkan keahlian dalam memproses pascapanen, sehingga nilai jual kopi yang ditanam mereka bisa lebih bertambah.

Abah Cucu merasa tertarik untuk mencoba menanam kopi. Pada 2012, dirinya mulai menanam 32 pohon kopi yang didapat dari produsen kopi tersebut. Perlahan, usahanya membuahkan hasil.

Kopi yang ditanam di sekitar kediamannya, menghasilkan ceri kopi yang kemudian diolahnya secara tradisional. Meski berhasil, saat itu Abah belum berani mengajak masyarakat sekitar yang umumnya petani palawija untuk ikut menanam kopi.

Abah kemudian, mendapat kembali bantuan sebanyak 2.000 pohon kopi yang kemudian ditanam di lahannya. Setelah masa panen, biji kopi olahan abah laku di jual, dan hal itu membuat masyarakat mulai tertarik untuk ikut menanam kopi.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | M Rizki Triyana, Atar, Fafa

Fotografer | Abdan Syakura

Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA