Selasa 14 Jul 2020 04:35 WIB
kha

Erdogan Kenang Sultan Mehmet Sholat Pertama di Hagia Sophia

Erdogan menilai perubahan Hagia Sophia jadi museum lukai rakyat Turki.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: FAZRY ISMAIL/EPA-EFE
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menekankan bahwa situs Hagia Sophia dalam memori kolektif bangsa Turki merupakan tempat yang tidak tergantikan. Pernyataannya disampaikan di tengah-tengah perubahan fungsi tempat itu menjadi masjid.

Berbicara dalam sebuah wawancara eksklusif dengan majalah Kriter Turki, Erdogan menyoroti misi negaranya di Libya, Mediterania Timur, perang melawan terorisme, langkah-langkah melawan virus corona dan banyak hal lainnya.

Baca Juga

Di wawancara itu, Erdogan juga memberikan penjelasan mengenai Hagia Sophia. "Ini (Hagia Sophia) adalah struktur menjadi tempat sholat pertama Mehmet sang penakluk ketika dia menaklukan Istanbul dan kemudian mengubahnya menjadi masjid sebagai simbol penaklukan itu," katanya seperti dikutip dari laman Daily Sabah, Senin (13/7).

Karena itu, ia menyebut masyarakat Turki memberikan nilai yang sangat tinggi pada tempat itu. Ia mengaku, konversi situs warisan dunia ke museum pada 1934 'melukai' rakyat Turki.

Erdogan mengatakan bahwa keputusan dewan negara yang mengizinkan mengembalikan tempat itu menjadi sebuah masjid adalah langkah untuk menghidupkan kembali kesadaran publik.

"Reaksi dari dalam dan luar negeri tidak ada nilainya bagi kami. Tidak ada yang bisa memiliki pendapat mengenai status Hagia Sophia kecuali negara Turki," ujarnya.

Ia menggarisbawahi bahwa ini adalah masalah domestik dalam negeri dan negara-negara asing harus menghormati keputusan ini. Pengadilan tinggi Turki pada Jumat (10/7) membatalkan dekrit pemerintah 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum.

photo
Hagia Sophia di Istanbul, Turki. - ( EPA-EFE / TOLGA BOZOGLU)

Keputusan ini lama ditunggu-tunggu untuk struktur ikon Istanbul itu untuk digunakan sebagai masjid. Hagia Sophia, merupakan salah satu situs bersejarah dan warisan budaya paling penting di dunia yang dibangun pada abad keenam pada masa pemerintahan kekaisaran Bizantium yang menduduki kursi sebagai Gereja Ortodoks Yunani.

Kemudian tempat ini diubah menjadi masjid saat penaklukan Ottoman Istanbul pada 1453. Struktur bangunan ini kemudian diubah menjadi museum selama pemerintahan partai tunggal sekuler pada 1935.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement