Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Telkom Fasilitasi Internet Seluruh Wilayah Kabupaten Cirebon

Senin 13 Jul 2020 22:45 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda

Telkom

Telkom

Foto: Telkom Indonesia
Dengan adanya fasilitas internet, pelayanan kepada masyarakat diharapkan maksimal

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sebanyak 412 desa di Kabupaten Cirebon akan segera dapat menikmati koneksi internet. Pemkab Cirebon telah menggandeng Telkom untuk bisa memfasilitasi seluruh desa tersebut agar bisa terkoneksi internet.

Hal itu terungkap setelah Bupati Cirebon, Imron, melakukan pertemuan dengan perwakilan Telkom. Orang nomor satu di Kabupaten Cirebon itu menginginkan agar seluruh desa yang dipimpinnya bisa segera menikmati internet.

Imron menyatakan, inovasi yang dilakukannya itu bertujuan agar Kabupaten Cirebon tidak kalah bersaing dengan wilayah lainnya. Apalagi, Kabupaten Cirebon selama ini memiliki beragam potensi unggulan.

"Kita harus bisa menggali dan mengembangkan potensi yang ada, salah satunya melalui fasilitas telekomunikasi,’’ kata Imron, Senin (13/7).

Imron mengungkapkan, wilayah Kabupaten Cirebon sangat luas dengan jumlah penduduk lebih dari dua juta jiwa. Dengan adanya fasilitas internet, maka pelayanan kepada masyarakat diharapkan bisa lebih maksimal.

Imron mencontohkan, pelayanan KTP yang dibutuhkan oleh warga, selama ini harus dilakukan di pusat kabupaten di Kecamatan Sumber. Dengan adanya fasilitas internet itu, maka pengurusan KTP nantinya bisa dilakukan hanya melalui kecamatan setempat, tanpa harus pergi ke Kecamatan Sumber.

‘’Saya ingin, adanya teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya KTP. Kalau memungkinkan, KTP nanti dicetak di kecamatan saja,’’ tukas Imron.

Sementara itu, Manager Marketing Devisi Telkom Regional III Jawa Barat, Heru Agung Nugrahanto, menuturkan, pihaknya sedang mempercepat proses penyediaan infrastruktur di seluruh desa di Kabupaten Cirebon.

Agung menyebutkan, saat ini sudah ada sekitar 200 desa yang sudah terkoneksi jaringan internet fiber optik. Dia memperkirakan, dalam tiga bulan kedepan, seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Cirebon sudah bisa terkoneksi dengan jaringan fiber optik.

"Triwulan tiga ini kita kebut semua. Sehingga 412 desa di Kabupaten Cirebon bisa terkoneksi internet,’’ cetus Agung.

Agung menambahkan, jika nantinya seluruh desa di Kabupaten Cirebon sudah bisa terkoneksi dengan jaringan fiber optik, maka Kabupaten Cirebon menjadi daerah pertama yang seluruh desanya tersambung jaringan fiber optik.

"Cirebon akan menjadi kabupaten pertama di Indonesia, yang seluruh desanya tersambung jaringan fiber optik," tandas Agung.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA