Senin 13 Jul 2020 20:20 WIB

Alat Penyaring Udara Ini Bisa Jadi Pengganti Masker

PLUG dinilai efektif menghalau partikel bahaya yang lebih baik dari masker biasa.

Rep: Citra Listyarini/ Red: Bilal Ramadhan
Virus corona  (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa daerah di Indonesia sudah mulai mengimplemetasikan transisi menuju new normal. Hal ini membuat masyarakat dapat kembali beraktivitas di luar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penularan virus agar tetap produktif.

Kembalinya aktivitas di luar rumah, tak luput juga dari kembalinya menghadapi kualitas udara luar ruang atau ruang publik yang terkontaminasi bebagai polutan. Kondisi polusi udara terkini di Jakarta memiliki indeks kualitas udara yang menempati urutan pertama terburuk di dunia.

Jakarta hanya memiliki 14 hari dari 180 hari yang tergolong sehat menurut Greenpeace Indonesia. British Environmental Audit Committee mengungkapkan bahwa polusi dalam mobil 15 kali lebih tinggi. Saat macet, kita menghirup polusi udara 40 persen lebih tinggi.

Selain polusi yang berasal dari luar ruangan, US Environmental Protection Agency bahkan menemukan fakta bahwa polusi di dalam ruangan pun lima kali lipat lebih berbahaya.

Penggunaan alat kesehatan seperti masker pun kini menjadi hal wajib untuk melindungi pernapasan yang diharapkan tidak hanya mencegah dari bahaya polutan, tetapi menjadi proteksi dari penularan virus.

PLUG Nasal Filter hadir sebagai inovasi terbaru masker udara yang mengutamakan kualitas udara yang terhirup. Alat penyaring hidung pertama di Indonesia yang berasal dari Korea Selatan ini terdiri dari 3 lapis filter hidung yang bekerja secara langsung dan efektif menghambat debu, serbuk sari, alergen, dan partikel udara di dalam rongga hidung.

PLUG efektif menghalau partikel bahaya yang lebih baik dari masker biasa. Hasil uji laboratorium independen terstandar (KITECH) menunjukkan bahwa daya filtrasi PLUG mencapai 96,3 persen dalam menghalau polusi partikel kecil sehingga dapat menghasilkan kualitas udara yang lebih sehat untuk masuk ke dalam tubuh.

Persentase daya filtrasi PLUG lebih besar dibandingkan dengan masker biasa yang hanya mencapai 33,3 persen. Jurnal yang dipublikasikan National Library of Medicine mengatakan, masker biasa atau surgical mask tidak didesain sebagai alat pelindung pernafasan, namun masih dapat difungsikan untuk mencegah droplet yang keluar dari bagian mulut terutama selama masa pandemi virus covid-19.

PLUG memiliki kualitas internasional dan tersertifikasi FDA di Amerika, CE di Eropa, TGA di Australia, dan KITECH (Korea Institute of Industrial Technology) sehingga aman untuk digunakan. Komposisi PLUG terdiri dari bahan bermutu medis steril dan filter mikro yang berisikan microfiber yang melekat pada plastik lunak dan dapat menghambat masuknya partikel tanpa mengganggu saat bernafas.

Strip plastik yang menahan PLUG di tempatnya terbuat dari POE (Polyoletin Elastomer) yang tidak beracun, lunak dan lentur. WHO menjelaskan kini virus corona tidak hanya ditularkan melalui droplet tetapi juga melalui udara (airbone). Hal ini membuat peluang tertularnya virus menjadi lebih besar.

"Masyarakat harus memiliki alat perlindungan yang lebih baik untuk mencegah tertularnya virus tersebut sekaligus mendapatkan kualitas udara yang sehat. PLUG dapat menjadi solusi double protection alat melindungi pernapasan terutama saat pandemi covid-19 ini sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir resiko penularan virus," kata Elisabeth Paulus selaku Direktur PT Laniros Dian Pharma dalam rilisnya, Senin (13/7).

PLUG memiliki desain yang kecil, tidak terlihat, stylish, dan tetap segar tanpa mengganggu penampilan sehingga dapat digunakan dengan makeup dan kacamata tanpa khawatir berkabut. Cara menggunakan PLUG cukup dengan masukkan ke lubang hidung dan bernafas seperti biasa.

PLUG dapat digunakan kembali setelah dibersihkan. Cukup cuci PLUG di air mengalir selama 2-3 detik. Penggunaan maksimal PLUG adalah 1 bulan asalkan membran filter tidak rusak dan untuk pemakaian dalam sehari tidak lebih dari 12 jam berturut-turut.

Kapan saja baik saat asma, alergi, gangguan pernapasan, olahraga, atau menginginkan udara yang dihirup lebih berkualitas di area industri dan berasap, berkunjung ke rumah sakit, transportasi umum, dan berkendara, PLUG sangat cocok untuk digunakan. PLUG tidak menyebabkan rasa pengap ketika digunakan dalam kondisi panas atau dingin.

Dua blister PLUG bisa kita dapatkan hanya dengan kurang lebih 25.000 rupiah saja, dua kali lebih hemat dibandingkan dengan pembelian masker biasa. PLUG lebih ekonomis, aman dan nyaman digunakan, bahkan saat berbicara maupun saat makan.

PLUG Nasal Filter adalah pilihan yang tepat melindungi pernapasan untuk menghadapi masa depan dengan rasa aman, nyaman, modern, dan peduli lingkungan serta kesehatan yang membuat diri kita menjadi sesuatu yang baru di era yang baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement