Senin 13 Jul 2020 19:45 WIB

Solskjaer Bantah Tiru Formula Trio MSN Barcelona di MU

Trio lini depan MU diisi Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Trio lini depan Manchester United (MU) dari kiri ke kanan: Marcus Rashford, Mason Greenwood, dan Anthony Martial.
Foto: EPA-EFE/Michael Regan
Trio lini depan Manchester United (MU) dari kiri ke kanan: Marcus Rashford, Mason Greenwood, dan Anthony Martial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Manchester United (MU) melakukan perubahan taktis untuk meningkatkan ketajaman lini depannya. Saat ini, MU punya trio lini depan yang biasanya diisi Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood. 

Pada awal memoles MU, ada Jesse Lingard. Kemudian Daniel James dipercaya mengisi posisi sayap, namun punya kebebasan mengeksekusi peluang. Eks Swansea City ini belakangan harus memberikan tempat kepada Greenwood yang bisa bermain lebih eksplosif sebagai penyerang dan winger.

Baca Juga

Solskjaer membantah pengembangan tiga pemain depan meniru gaya Barcelona dengan Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar (MSN) antara 2014 sampai 2017. Menurutnya, formasi tiga pemain depan yang kesemuanya diberi kebebasan mengeksekusi peluang dan bermain cair dalam penempatan posisi bukan hal baru bagi MU.

"Ini bukan hal baru bagi United. Apakah Anda tidak menonton Rooney, (Cristiano) Ronaldo dan (Carlos) Tevez ketika mereka bermain, ketika Sir Alex memberi mereka kebebasan?" kata Solskjaer dikutip dari Manchester Evening News, Senin (13/7).

Dalam kerangka dan struktur yang dirancang kata Solskjaer, MU bekerja banyak pada pola, posisi, dan di mana ia ingin para pemain berada. Ia memahami bahwa para pemainnya mungkin bisa muncul dari kanan atau kiri atau berada di posisi yang berbeda tergantung situasi di lapangan. Solskjaer meminta para pemainnya bisa mengisi banyak posisi berbeda sekaligus disiplin dalam posisinya.

Satu lagi yang dinginkannya adalah tak memaksa menyerang dan menahan bola terlalu lama dari sisi kiri. "Itu ingin saya singkirkan. Kami telah bergerak maju dan lebih disiplin dalam posisi kami," kata dia.

Anthony Martial, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood secara keseluruhan telah mengantongi 56 gol. Jika Greenwood yang sudah mengantongi 16 gol, mampu menambah empat gol lagi menjadi 20, itu akan menjadi yang pertama bagi MU sejak 1964/65 di mana ada tiga pemain yang menembus 20 gol atau lebih dalam semusim.

Ketajaman trio Martial, Rashford, Greenwood akan diuji Selasa (14/7) dini hari nanti. MU akan menjamu Southampton dalam laga pekan ke-35 Liga Inggris di Old Trafford. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement