Senin 13 Jul 2020 18:28 WIB

Kurator Dokumenter FFI Terpilih Jadi Anggota The Academy

Amelia menjadi orang Indonesia pertama yang masuk keanggotaan The Academy.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Academy Awards. Jadi anggota The Academy, kurator film dokumenter Amelia Hapsari berhak memberikan suara untuk menentukan pemenang Oscar.
Foto: AP Photo
Academy Awards. Jadi anggota The Academy, kurator film dokumenter Amelia Hapsari berhak memberikan suara untuk menentukan pemenang Oscar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurator film dokumenter Festival Film Indonesia (FFI) 2020 Amelia Hapsari terpilih sebagai anggota terbaru Academy Award. Amelia menjadi orang Indonesia pertama yang masuk keanggotaan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) alias The Academy.

Dengan keanggotaan tersebut, Amelia berhak memberikan suara untuk menentukan pemenang Oscar. Sebagai pengarah program In-Docs sejak 2012, dia aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan film dokumenter secara internasional.

Baca Juga

Mulai 2017, melalui In-Docs dan bekerja sama dengan Bekraf, Amelia menginisiasi dan mengorganisasi Docs By the Sea. Forum dokumenter internasional itu menghubungkan proyek-proyek dokumenter Asia Tenggara dengan industri internasional.

Selain itu, Amelia juga merupakan produser film Rising from Silence, pemenang kategori film dokumenter pendek terbaik pada FFI 2018. Dara kelahiran 25 Juni 1979 itu akan bergabung dengan sineas, aktor, dan eksekutif lain untuk memberikan suara.

Beberapa nama lain yang merupakan anggota Academy Award termasuk Ari Aster (sutradara Midsommar), Choi Woo-Shik (aktor Parasite), dan Ana de Armas (aktris Knives Out). Ada lebih dari 800 orang yang turut berkontribusi.

Meski memberikan suara di Oscar, Amelia tetap menjadi kurator FFI 2020. Dia berbagi tugas dengan Alia Damaihati (FFD) dan Dimas Erdhinta Pratama Putra (SoDoc), melanjutkan kegiatan penjurian dan seleksi seperti tahun sebelumnya.

Tahap seleksi awal FFI 2020 melibatkan kurator dari profesi akademisi, jurnalis, dan aktor. Ada Nungki Kusumastuti, Prima Rusdi, Hera Diani, Makbul Mubarak, Tamnoto Susanto, dan Rangga Wisesa, ditambah jurnalis senior Leila S Chudori.

Nama-nama kurator yang spesifik menggawangi kategori khusus, yaitu Lulu Ratna, Fransiska Prihadi, dan Yustinus Kristanto untuk film cerita fiksi pendek. Untuk film animasi, ada Wahyu Aditya, Christian Aditya, dan Romy Oktaviansyah.

Dengan deretan kurator mumpuni, FFI 2020 diharapkan menjadi ajang apresiasi industri perfilman yang lebih baik. Dikutip dari pernyataan resmi FFI, malam nominasi diharapkan tetap berjalan November 2020 dan malam penghargaan pada Desember 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement