Selasa 14 Jul 2020 00:01 WIB

Barcelona dan Real Madrid Adu Sprint di Tikungan Terakhir

Real Madrid masih menggenggam keunggulan satu poin atas Barcelona di puncak klasemen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
Zinedine Zidane
Foto: EPA-EFE/Juan Carlos Hidalgo
Zinedine Zidane

REPUBLIKA.CO.ID, GRANADA -- Lewat kemenangan 1-0 atas Real Valladolid pada jornada ke-36, Ahad (12/7) dini hari WIB, Barcelona berhasil memangkas jarak poin dengan pemuncak klasemen sementara La Liga, Real Madrid. Tim asal Katalan itu belum mau menyerah begitu saja dalam perebutan trofi La Liga musim ini dengan seteru sengitnya tersebut. 

Namun, tekad Barcelona ini tidak mengubah apapun terkait peluang besar Los Blancos untuk melangkah ke singasana juara La Liga musim ini, prestasi yang terakhir kali diraih tim asal Ibukota Spanyol itu pada tiga musim lalu. Pasalnya, Los Blancos masih menggenggam keunggulan satu poin atas Barcelona di puncak klasemen sementara.

Bahkan, Los Blancos hanya membutuhkan dua kemenangan di tiga laga sisa untuk bisa memastikan raihan trofi Liga Spanyol musim ini. Apapun hasil yang akan diraih Barcelona di dua laga berikutnya, Madrid bisa merebut titel La Liga dari Blaugrana apabila mampu meraih dua kemenangan lagi.

Dengan skenario ini, maka Los Blancos bisa memastikan trofi La Liga apabila mampu membungkam Villarreal di Stadion Alfredo Di Stefano pada jornada ke-37, pertengahan pekan depan. Namun, sebelumnya, Madrid mesti bisa memetik tiga poin penuh pada pekan ke-36.

Bidikan tiga angka pertama dari enam poin yang dibutuhkan ini akan ditujukan Los Blancos saat melawat ke markas Granada, Stadion Los Carmenos, Selasa (14/7) dini hari WIB ini. Kendati timnya kian dekat dengan tahta juara La Liga musim ini, tapi pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, tidak mau mengambil risiko terkait penurunan fokus dan konsentrasi anak-anak asuhnya.

Pelatih asal Prancis itu tetap meminta anak-anak asuhnya bisa menjaga fokus dan mempertahankan performa di sprint terakhir perebutan gelar juara La Liga musim ini. ''Dari segi jadwal, masih ada tiga laga yang mesti kami lakoni dan kami tidak tahu apa yang akan terjadi, bahkan di laga selanjutnya,'' kata Zidane di laman resmi klub, akhir pekan lalu.

Terkait kesiapan tim, Zidane mengakui, salah satu tantangan terbesar anak-anak asuhnya di laga kontra El Grana adalah pendeknya waktu untuk masa pemulihan. Setelah mengalahkan Alaves 0-2 pada Jumat (10/7) waktu setempat, Los Blancos memang hanya memiliki waktu tiga hari untuk bisa pulih.

Alhasil, sejumlah penggawa andalan Madrid dilaporkan sempat mengalami cedera ringan, seperti yang dialami Karim Benzema dan Marcelo. Bahkan, Marcelo dikabarkan absen hingga awal bulan depan.

Untuk kondisi Benzema, penyerang asal Prancis itu dilaporkan sudah pulih dan kembali siap diturunkan. Tidak hanya itu, Eden Hazard, yang sempat mengalami cedera abductor sudah kembali ke skuat Madrid.

Pun dengan Sergio Ramos dan Dani Carvajal, yang bisa kembali tampil usai melakoni sanksi larangan bertanding. Namun, demi mengurangi resiko cedera dan kelelahan pemain, Zidane kabarnya akan melakukan rotasi di skuat Madrid di laga malam ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement