Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

10 Muslim yang Membesarkan Nama Amerika

Senin 13 Jul 2020 14:53 WIB

Red: Ani Nursalikah

10 Muslim yang Membesarkan Nama Amerika. Muhammad Ali

10 Muslim yang Membesarkan Nama Amerika. Muhammad Ali

Foto: AP Photo
10 tokoh Muslim yang membuat nama AS harum di kancah global.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dimana pun berada, Muslim senantiasa memberikan kontribusi bagi lingkungan di sekitarnya. Meski rasialisme dan diskriminasi terhadap Muslim masih nyata di Amerika Serikat (AS), namun tidak dapat dipungkiri terdapat Muslim yang turut membesarkan nama AS di mata dunia.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini 10 tokoh Muslim yang membuat nama AS harum di kancah global, bahkan mengukir sejarah.

Muhammad Ali

Baca Juga

Mantan petinju terbesar dalam sejarah olahraga ini dihormati pula karena aktivitas sosialnya. Dia memeluk Islam pada tahun 1975. Ia mengatakan: "Kata Islam berarti damai. Kata Muslim berarti orang yang menyerahkan diri pada kepada Allah…. Kristen , Hindu adalah saudara saya, mereka semua adalah saudara saya. Kami hanya berpikir yang berbeda dan percaya berbeda."

Kareem Abdul-Jabbar

Terlahir Ferdinand Lewis Alcindor, Jr, pebasket legendaris ini mencetak rekor angka tertinggi sepanjang masa. Di bangku perguruan tinggi ia masuk Islam dan berganti nama. Dilansir The Washington Post, ia menyebut: " Donald Trump merupakan kemenangan terbesar ISIS… bukannya menawarkan kebijakan nyata dan spesifik, malah memanfaatkan ketakutan publik, dengan melakukan pekerjaan ISIS untuk mereka.”

photo
Legenda NBA, Kareem Abdul Jabbar. - (Reuters)
Mike Tyson

Tercatat sebagai juara dunia tinju kelas berat termuda dalam sejarah dengan usia 20 tahun, Mike Tyson adalah atlet olahraga paling populer di dekade 1980-an. Perjumpaannya dengan Islam berawal dari penjara, ketika ia menghabiskan masa kurungan dalam kasus pemerkosaan tahun 1992. Kini Tyson ikut terjun ke dunia sinema dengan membintangi berbagai film layar lebar.

photo
Mike Tyson - (EW)
Malcolm X

Kehilangan kedua orang tua sejak kecil, Malcolm X alias Malik el-Shabazz menjelma menjadi aktivis kemanusiaan yang menentang diskriminasi dan rasisme terhadap kaum kulit hitam. Kini Malcolm X tercatat sebagai salah satu warga Afrika-Amerika paling berpengaruh dalam sejarah.

photo
Malcolm X - (tangkapan layar dari wikipedia.org)
Yasiin Bey

Penyanyi hiphop dan aktor yang juga dikenal dengan nama Mos Def ini merupakan nominator Emmy Award, Grammy Award dan Golden Globe. Namun artis multi talenta ini lebih dikenal untuk aktivisme sosialnya, terutama pada isu-isu yang berkaitan dengan kebrutalan polisi dan pelanggaran hak asasi manusia.

photo
Muslim Amerika (AS) yang berprofesi sebagai penyanyi hiphop dan aktor Yasiin Bey atau Mos Def. Ia juga dikenal karena aktivitas sosialnya. - (AP Photo/ L. Zuydam)
 

sumber : Deutsche Welle
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA