Senin 13 Jul 2020 14:09 WIB

AS Pecahkan Rekor Baru Kasus Harian Covid-19 Dekati 60 Ribu

Jumlah kasus Covid-19 di 40 negara bagian AS melonjak tajam dalam beberapa pekan

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Jenazah korban COVID-19 di pindahkan ke kamar jenazah sementara di halaman Brooklyn Hospital Center di Brooklyn, New York, AS, Senin (20/4). Menurut data terbaru Johns Hopkins University (JHU) kasus virus Corona mendekati 1,7 juta kasus dengan korban meninggal mencapai 100
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Jenazah korban COVID-19 di pindahkan ke kamar jenazah sementara di halaman Brooklyn Hospital Center di Brooklyn, New York, AS, Senin (20/4). Menurut data terbaru Johns Hopkins University (JHU) kasus virus Corona mendekati 1,7 juta kasus dengan korban meninggal mencapai 100

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) mencatat rekor harian terbaru jumlah kasus infeksi positif virus corona Covid-19 yang hampir mendekati angka 60 ribu kasus. Menurut data statistik John Hopkins University and Medicine, kasus Covid-19 tercatat 59.747 dalam 24 jam di seluruh negara bagian AS hingga Ahad (12/7) waktu setempat.

Seperti dilansir Gulf News, jumlah kasus Covid-19 di 40 negara bagian AS melonjak tajam dalam beberapa pekan terakhir. Pada hari sebelumnya, Sabtu (11/6) pemerintah mencatat 66.528 kasus dalam 24 jam.

Baca Juga

Reuters mencatat, AS telah memecahkan rekor global dengan melaporkan sekitar 60 ribu kasus sehari selama empat hari terakhir berturut-turut. Rawat inap dan tingkat tes positif juga meningkat di Arizona, Kalifornia, Florida, dan Texas.

Seluruh negara kini mencatatkan jumlah kasus total menjadi 3.301.820. Sementara, kematian baru akibat Covid-19 tercatat 442 sehingga menjadikan total kematian di seluruh AS menjadi 135.171 jiwa.

Florida melaporkan peningkatan rekor lebih dari 15 ribu kasus dalam 24 jam hingga Ahad. Menurut analisis Reuters, jika Florida adalah sebuah negara, itu akan menempati urutan keempat di dunia untuk kasus-kasus paling baru dalam sehari di belakang AS, Brasil, dan India.

Kenaikan kasus harian Florida telah melampaui penghitungan harian tertinggi yang dilaporkan oleh negara Eropa selama puncak pandemi di sana. Catatan kasus di Florida juga telah memecahkan rekor negara bagian New York dari 12.847 kasus baru pada 10 April ketika itu merupakan pusat penyebaran AS.

Kenaikan terbaru dilaporkan sehari setelah Walt Disney World di Orlando dibuka kembali dengan sejumlah pengunjung disambut dengan sejumlah langkah-langkah kesehatan, termasuk masker dan pemeriksaan suhu. Lonjakan kasus memaksa beberapa gubernur negara bagian membatalkan untuk membuka kembali perekonomian. Beberapa gubernur juga kini mewajibkan penggunaan masker di luar rumah.

Ketika angka kasus menunjukkan peningkatan, pemerintah Presiden Donald Trump kembali mendesak untuk pembukaan kembali sekolah pada musim gugur. Menteri Pendidikan Betsy DeVos bersikeras, sekolah harus dibuka meski terjadi lonjakan kasus infeksi virus corona di sejumlah negara bagian AS.

"Anak-anak perlu kembali ke sekolah, mereka harus kembali ke ruang kelas. Keluarga membutuhkan anak-anak untuk kembali ke ruang kelas. Dan itu bisa dilakukan dengan aman," ujar DeVos kepada CNN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement