Ahad 12 Jul 2020 11:31 WIB

Dinas Kulon Progo: Seluruh Objek Wisata Siap Dibuka

Wisata dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan.

Pantai Glagah, Kulonprogo, Yogyakarta.
Foto: Republika/ Wihdan
Pantai Glagah, Kulonprogo, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan seluruh objek wisata di wilayahnya siap dibuka dengan menerapkan standar operasional pelaksanaan protokol kesehatan bidang pariwisata. Simulasi telah dilakukan di sejumlah titik.

"Secara umum, objek wisata di Kulon Progo baik yang dikelola pemerintah kabupaten maupun masyarakat sudah menerapkan protokol kesehatan yang dibuktikan dengan simulasi uji coba pembukaan di beberapa titik," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kulon Progo Yudono Hindri Atmoko di Kulon Progo, DIY, Minggu.

Baca Juga

Ia mengatakan objek wisata yang sudah melaksanakan simulasi itu antara lain Pule Payung, Kalibiru,dan Pantai Glagah. Ada pula objek wisata lain yang sebenarnya sudah menerapkan protokol kesehatan, tapi belum menggelar simulasi, salah satunya wisata alam Hutan Mangrove, Pantai Pasir Kadilangu.

"Pemberlakuan protokol kesehatan di Pantai Pasir Kadilangu, berdasarkan pengamatan tergolong sudah cukup baik. Selama berada di area wisata, pengunjung wajib mengenakan masker dan mencuci tangan di tempat cuci tangan yang sudah disediakan pengelola. Setelah itu, dilanjutkan pengecekan suhu tubuh," katanya.

Ia mengatakan SOP protokol kesehatan bidang pariwisata yang perlu dipatuhi adalah suhu tubuh calon wisatawan berada di bawah 37,5 derajat Celsius, baru kemudian pengunjung dipersilakan memasuki kawasan wisata. Jika di atas itu, maka pengunjung harus menunggu di tempat khusus sampai suhu berangsur normal.

Pengelola juga sudah memasang sekat pemisah antara pengunjung yang hendak masuk dan keluar kawasan wisataguna mengantisipasi adanya penumpukan massa. Selain itu, menggunakan masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

"Kami minta pengelola wisata melakukan pengawasan ketat terhadap pengunjung dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana mengatakan di tengah pandemi COVID-19, pengelola tetap merawat keindahan tempat wisatanya danmeningkatkan perekonomian masyarakat setempat. "Mari kita kembali bangkit dari pandemi Covid-19 ini," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement