Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Hidup Bersih dan Sehat Harus Dilatih Sejak Dini

Ahad 12 Jul 2020 01:31 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Mencuci tangan (ilustrasi).

Mencuci tangan (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Anak-anak harus diajarkan hidup bersih dan mencuci tangan sejak kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter kecantikan Sonia Wibisono mengatakan orang tua perlu menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sejak dini pada anak. Dia memberi contoh bagaimana dirinya dan keluarganya yang selalu mencuci tangan.

Kebiasaan ini bukan dimulai sejak pandemi COVID-19 saja, tetapi sudah sejak lama. "Kebiasaan hidup sehat harus dimulai sejak dini, misalnya mencuci tangan sebelum makan atau setelah bepergian," ujar Sonia dalam konferensi pers daring bertema Dokter sebagai Influencer Adaptasi Kebiasaan Baru, Sabtu (11/7).

Baca Juga

Selama pandemi COVID-19, Sonia mengaku lebih banyak berada di rumah. Untuk pembuatan konten di laman media sosialnya juga dilakukan di rumah.

"Hanya untuk hal yang mendesak baru ke luar rumah," kata Sonia.

Dia melihat sejak pandemi COVID-19, masyarakat menjadi lebih mandiri dan kreatif. Segala sesuatu bisa dilakukan di rumah dengan peralatan seadanya.

Anggota Junior Doctors Indonesia dr Vito Anggarino Damay mengatakan dirinya turut mengedukasi masyarakat melalui konten yang dibuatnya dan diunggah melalui media sosial. Dokter ahli jantung tersebut menjelaskan banyak yang bertanya padanya tentang bagaimana kondisi pasien jantung menghadapi pandemi.

"Dari pada saya menjelaskan hanya pada satu orang, akhirnya saya bikin konten tentang itu," kata Vito.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA