Tuesday, 21 Zulhijjah 1441 / 11 August 2020

Tuesday, 21 Zulhijjah 1441 / 11 August 2020

Catatan Harian Ekspedisi Republikopi Hari Kelima

Sabtu 11 Jul 2020 01:16 WIB

Rep: Bayu Hermawan/ Red: Sadly Rachman

Kawasan pengolahan kopi Java Frinsa Estate, Pangalengan, Jawa Barat

Foto: Republika TV/Fakhtar Khiron Lubis
EMBED
Ekspedisi Republikopi hari kelima.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Java Frinsa Estate merupakan salah satu produsen kopi asal Jawa Barat, yang telah terkenal sebagai penghasil biji kopi berkualitas, bukan hanya di dalam negeri namun juga mancanegara. Meski telah ternama di dunia perkopian, Java Frinsa Estate punya harapan untuk bisa mengangkat kesejahteraan petani-petani kopi, bukan hanya di Jawa Barat namun juga di Indonesia.

Fikri Hakim, manajer operasional Java Frinsa Estate, mengatakan pihaknya telah lama bermitra dengan petani-petani di wilayah Jabar maupun di luar Jawa Barat. Bahkan, ia mengatakan sebagian besar biji kopi yang dijual dan diekspor oleh Java Frinsa Estate berasal dari petani-petani yang menjadi mitra.

Fikri yang merupakan anak kedua dari Wildan Mustofa dan Atieq Mustianingtyas, pendiri Java Frinsa Estate, mengatakan pihaknya telah mulai memberdayakan masyarakat sejak tahun 2011, dan dimulai di Desa Weninggalih, Sindangkerta, Bandung Barat, Jabar. Kala itu, mayoritas penduduk pria disana bekerja dibidang kontruksi di kota, sehingga sebagian besar penduduk wanita di daerah itu yang bekerja di lahan pertanian.

Java Frinsa kemudian mulai membuka lahan perkebunan kopi, dan mengajak penduduk disana juga menanam kopi disamping hortikultura. Sehingga secara ekonomi petani mendapat pendapatan lebih dari hasil panen kopi.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | M Rizki Triyana, Atar, Fafa

Fotografer | Abdan Syakura

Video Editor | Fakhtar Khairon Lubis

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA