Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

Friday, 17 Zulhijjah 1441 / 07 August 2020

CDC AS: Menutup Sekolah Lebih Berisiko Ketimbang Dibuka

Sabtu 11 Jul 2020 02:45 WIB

Red: Nidia Zuraya

Sekolah di Amerika.

Sekolah di Amerika.

Foto: Flickr
Pedoman yang dikeluarkan CDC dirancang untuk memfasilitasi sekolah yang akan dibuka.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Tetap menutup sekolah pada tahun akademik mendatang berisiko lebih besar bagi kesehatan anak-anak daripada membukanya kembali, bahkan di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) Robert Redfield, Kamis (9/7).

Redfield mengatakan pedoman CDC, yang dikeluarkan mengenai penyelenggaraan sekolah selama pandemi, dirancang untuk memfasilitasi sekolah-sekolah yang akan dibuka. Ia akan 'kecewa' jika pedoman itu digunakan sebagai alasan untuk tetap menutup sekolah.

"Saya tidak bisa melebih-lebihkan seberapa pentingnya saya rasa kini waktunya untuk membuka kembali sekolah-sekolah kitadi negara ini," kata Redfield selama KTT virtual Health Reimagined, yang diselenggarakan laman berita AS The Hill.

"Alasan saya mendorong ini, karena saya benar-benar percaya itu demi kepentingan kesehatan bagi masyarakat anak-anak ini."

Pada Rabu (8/7), Presiden Donald Trump mengecam pedoman CDC untuk pembukaan sekolah karena tidak praktis dan mahal. Trump telah meminta agar sekolah-sekolah kembali dibuka, tetapi tidak ada rencana dari pemerintah federal untuk mengoordinasikan upaya tersebut.

Redfield mengatakan pada Kamis bahwa tidak ada pedoman CDC, mengenai pembukaan sekolah, yang secara inheren terlalu merugikan untuk ditangani oleh sekolah. Ia mengaku tidak ingin sekolah-sekolah "berlebihan" dengan tidak mengenal bahwa virus "relatif jinak" bagi kaum muda.

Sekolah-sekolah di AS sedang berjuang mempersiapkan tahun ajaran baru saat pandemi melonjak secara nasional, dengan kasus terkonfirmasi berjumlah di atas tiga juta.

Baca Juga

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA