Jumat 10 Jul 2020 20:25 WIB

Aktivis HAM Kulit Hitam AS Dianiaya Kelompok Kulit Putih

FBI menyelidiki laporan yang disampaikan oleh aktivis HAM tersebut.

Penganiayaan (Ilustrasi)
Penganiayaan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID WASHINGTON -- Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat menyelidiki laporan yang disampaikan seorang pria pegiat hak sipil masyarakat berkulit hitam bahwa ia diancam dibunuh oleh massa di Negara Bagian Indiana. Pria tersebut mengatakan ia diserang sejumlah pria berkulit putih, yang mengancam akan menghukum matinya tanpa proses pengadilan (lynching).

Sang pelapor, bernama Vauhxx Booker dan merupakan anggota Komisi HAM Monroe County. Booker mengaku ia dan sejumlah kawannya tengah berada di taman publik di area Lake Monroe, Sabtu, (4/7). Seorang laki-laki yang memakai topi berhiaskan bendera Konfederasi menuduh mereka masuk tanpa izin ke properti pribadi.

Konflik tersebut memanas ketika lima pria berkulit putih, yang tampak mabuk, menarik Booker dan menjatuhkannya ke tanah lalu merapatkannya ke pohon sembari melayangkan pukulan. Menurut pengakuan Booker di Facebook

pada saat yang bersamaan, salah satu penyerang itu berteriak "ambil tali."

Sekelompok saksi dan rekan-rekan Booker, yang semuanya merupakan warga berkulit putih, mulai merekam kejadian tersebut dengan telepon genggam dan meminta para penyerang untuk melepaskan Bookers. Pada saat itu, salah satu penyerang membalas, "Kalian pergi dari sini, tinggalkan pria ini dengan kami."

Para penyerang akhirnya melepaskan Booker, yang kemudian bersama teman-temannya pindah dari lokasi itu untuk menghubungi 911. Rekaman kejadian tersebut telah viral di media sosial dan memicu ketegangan rasial di AS usai kematian George Floyd.

Booker, yang juga merupakan seorang pengurus gerakan Black Lives Matter, mengatakan dia mengalami gegar otak, terluka, memar-memar dan sejumput rambut tercabut dari kepalanya. Meski demikian, dia menyatakan berterima kasih kepada mereka yang telah membela dirinya.

"Ada teman-teman dan orang-orang asing yang rela mempertaruhkan nyawa dan tubuh mereka untuk memastikan seorang pria yang tidak mereka kenal, dan tampak berbeda dari mereka, bisa selamat dari situasi itu," kata Booker dalam konferensi pers pekan ini.

Departemen Sumber Daya Alam Indiana mengatakan tengah bekerja sama dengan FBI sambil melanjutkan investigasi sendiri bersama kantor kejaksaan setempat. "Petugas-petugas kami datang pada petang itu, berbicara dengan para saksi dari kedua belah pihak dan telah terus melakukan wawancara sebagai bagian dari investigasi yang tengah berlangsung," kata juru bicara departemen tersebut, James Brindle, kepada Reuters, Kamis.

Pengacara Bookers, Katharine Liell, mengatakan pada media pada Rabu (7/8) bahwa serangan tersebut "jelas mengandung motif rasial" dan kliennya berhasil selamat karena para saksi membantunya.

sumber : Reuters/antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement